Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Perhatikan Ini Saat Ganti Kompresor AC

Stanly Ravel - Selasa, 5 Januari 2016 | 10:05 WIB

Jakarta, Otomania - Kompresor menjadi jantung utama dalam instalasi penyejuk udara (air conditioner/AC) di mobil. Sebab kerusakan umumnya diakibatkan karena minimnya perawatan yang membuat tugas kompresor tak lagi berfungsi.

Bila sudah demkian, langkah yang diambil adalah dengan menganti kompresor baru. Namun, meski terlihat mudah bila saat menggantinya tanpa ada pembersihan (flushing) terlebih dahulu pada saluran instalasi AC di mobil akan sia-sia saja.

Workshop Manager PRO-Q Heru Wibowo menjelaskan, baiknya saat menganti dengan kompresor baru instalsi AC wajib dibersihkan terlebih dahulu. Hal ini berguna untuk mencegah kotoran masuk ke dalam kompresor.

"Umumnya kerusakan kompresor itu akibat faktor keausan atau penurunan tingkat kejenuhan oli (viskositas). Saat terjadi keausan maka akan ada gesekan antar komponen yang menghasilkan kotoran berupa gram atau ampas," papar Heru saat Otomania berkunjung ke bengkel Pro-Q, Senin (4/1/2016).

Heru melanjutkan, gram ini akan menyebar ke seluruh instalasi AC. Jadi bila tidak di flushing gram ini akan kembali masuk ke kompresor baru yang membuat penyumbatan lagi, akibatnya sia-sia ganti kompresor baru

Menurutnya, banyak kasus seperti ini yang sudah terjadi. Baru beberapa bulan ganti kompresor tapi sudah rusak lagi karena tidak ada proses pembersihan atau pengurasan terlebih dahulu.

"Kami sering menerima keluhan seperti ini, terutama dari kalangan anak klub. Tapi memang hal ini banyak yang tidak tahu akibat minimnya edukasi mengenai AC, bahkan beberapa bengkel resmi pun belum tentu paham dengan hal ini," ucap Heru.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa