Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda Astrea Prima 91 Berbadan Kekar

Ghulam Muhammad Nayazri - Senin, 4 Januari 2016 | 18:26 WIB

Jakarta, Otomania –
Membuat tampilan sepeda motor jadul terlihat jadi makin menarik bukan perkara mustahil. Salah satunya seperti modifikasi untuk sepeda motor bebek Honda lansiran 1990-an.

Febby Ikromullah builder dan pemilik bengkel modifikasi MJL Custom Bike, yang mengekspresikan kreativitasnya pada Honda Astrea Prima 1991. Sepeda motor dengan nuansa kalem ini diubah menjadi lebih kekar dan gambot.

“Saya buat ini dari bahannya Astrea Prima. Konsep dasarnya dibuat street cub namun dengan tampilan gambot. Di jalan nanti juga penunggangnya bisa semakin percaya diri,” ujar Febby kepada Otomania, Minggu (3/12/2015).

Modifikasi pertama yang dilakukan Febby, yaitu mengubah rangka sesuai dengan ciri modifikasi street cub, di mana spakbor depan dihilangkan dan belakang dipotong. Setelah dipotong, spakbor belakang kemudian dipasangkan kembali dengan model baru sesuai ciri khas modifikasi cub ala MJL Custom Bike.

Febby menambahkan, untuk bagian kaki-kaki dibuat jauh lebih besar dari aslinya. Ukuran pelek yang digunakan yaitu berdiameter 18 inci dengan lebar 400 mm. Kemudian untuk ban depan berukuran 250mm, sementara belakang 300 mm.

“Agar ban bisa dipasangkan, ada beberapa komponen yang diubah, seperti lengan ayun yang dibuat custom serta fork depan yang dibuat lebih lebar jaraknya antara kanan dan kiri. Jelas dengan pelek dan ban sebesar itu, bagian mesin juga harus mengalami peningkatan tenaga agar sepeda motor bisa melaju,” ujar Febby.

Pada bagian mesin sendiri, lanjut Febby, dinaikkan kapasitas silindernya dari yang 100 cc menjadi 135 c. Kemudian untuk memudahkan ketika akan menyalakan bebek gambot ini, starter sepeda motor mengadopsi miliknya mobil Carry.

Sehingga ketika ketika akan dinyalakan, tidak perlu menekan tombol atau dengan “mengengkol”, hanya putar kunci hingga mentok ke arah putaran kanan, maka sepeda motor akan menyala (seperti menyalakan mobil).

Meski terlihat sangar, namun dengan semburan tinta merah muda, membuatnya tetap terlihat bersahabat. Ubahan selanjutnya dilakukan pada bagian tromol depan, yang menggunakan miliknya Mio. Jok bisa dilihat sungguh artistik, dengan menggunakan kulit buaya yang dirajut sendiri oleh sang builder.

Febby mengatakan, jika memang ada yang berminat untuk membeli sepeda motor ini, dirinya memasang harga sebesar Rp 16 juta. “Harga tersebut masih bisa di negosiasi, jadi tidak perlu khawatir,” tutur Febby.

MJL Custom Bike
Jalan Raya Bekasi KM 18 Kampung Lio RT 9/4
Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Gg SMP 90
089663461235

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa