Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yuk Cek Mobil Sendiri Usai "Disiksa" Macet Liburan

Stanly Ravel - Sabtu, 2 Januari 2016 | 07:02 WIB

Jakarta, Otomania - Agar mobil tetap prima selepas diajak berlibur ke luar kota, sebaiknya perlu dilakukan pengecekan awal. Ini berguna untuk memastikan kondisi kendaraan tetap nyaman saat digunakan kembali beraktivitas.

Dalam melakukan pengecekan, pemilik kendaraan tidak wajib direpotkan untuk membawanya ke bengkel. Beberapa komponen penting bisa dilakukan pemeriksaan dengan mudah saat waktu lengang.

"Ada beberapa hal yang bisa dipantau sendiri oleh pemilik mobil. Mulai dari sistem pelumasan, kaki-kaki, sampai aki," ucap Indah Yuliana, Kepala Bengkel Auto2000 Cikarang kepada Otomania, Jumat (1/12/2016)

Untuk pelumasan, pemilik bisa memulai langkah dengan memastikan volume oli dari dipstick yang ada pada penutup oli, setelah itu dilanjutkan dengan volume minyak rem dan power steering. Sama seperti oli mesin, terdapat ukuran takaran sebagai penunjuk tingkatan isi oli, bila kurang maka perlu segera ditindak lanjuti.


"Aki menjadi komponen penting, apalagi untuk mobil bertransmisi otomatis yang menggunakan aki konvensional dengan air. Pengecekan aki jenis ini dapat dilakukan dengan melihat volume air, bila kurang segera ditambahkan dan jangan lupa juga untuk membersihkan kerak pada baut positif dan negatifnya," ujar Indah.

Selebihnya, Indah menyarankan untuk pengecekan baiknya dilakukan saat pagi hari sebelum mobil digunakan berjalan. Karena dalam kondisi tersebut mobil masih dalam keadaan normal dan belum ada guncangan yang membuat takaran pelumas berubah.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa