Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bikin Mobil Tetap Bugar Saat Ditinggal Berlibur

Stanly Ravel - Kamis, 24 Desember 2015 | 16:46 WIB

Jakarta, Otomania - Musim libur tahun baru sudah dekat. Bagi yang akan menikmatinya tanpa menggunakan mobil, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan sebelum meninggalkan kendaraan kesayangan di rumah berhari-hari.

Meski tidak digunakan, mobil yang ditinggalkan berhari-hari juga butuh perawatan. Khususnya untuk kebersihan eksterior maupun interior yang baik dilakukan sebelum berangkat berlibur.

"Saat akan meninggalkan mobil berhari-hari, pastikan dalam keadaan bersih. Jangan biarkan kotoran pada bodi melekat terlalu lama bila tidak ingin warna cat mobil cepat kusam. Selain itu pastikan permukaan mobil kering dan bebas dari air yang bisa menyebabkan karat," ujar Daniel Yoga, pemilik jasa auto detailing Gloss Geek kepada Otomania, Selasa (22/12/2015).

Menurutnya, bentuk perawatan bisa dilakukan sendiri tanpa harus mengandalkan salon khusus. Selain itu, pastikan bagian bodi, interior, dan kaki-kaki juga menjadi daerah yang wajib mendapat perhatian ekstra.

Sebagai ruang utama, kabin mobil wajib bebas dari kotoran, apalagi saat akan ditinggalkan berhari-hari. Para pemilik mobil bisa membersihkan interior dengan menggunakan penyedot ruangan (vacuum cleaner), pastikan bagian kolong dan sela-sela kursi bebas dari kotoran, terutama ampas makanan karena bila sampai tidak bersih bisa menggundang banyak semut dan serangga.

Sektor kaki-kaki dan bodi bawah tidak kalah pentingnya untuk dijaga. Saat musim hujan seperti ini tentu banyak mobil yang melintasi genangan air, selain kotor kolong mobil juga menjadi sarang endapan kotoran. Mengingat daerah ini lebih banyak diisi material besi dan logam yang mudah berkarat, baiknya jangan membiarkan kotoran terlalu lama berada di dalamnya.

"Khusus daerah kolong dan kaki-kaki baiknya dilakukan di tempat pencucian mobil yang memiliki sistem hidrolik, dengan begitu kebersihan kolong mobil bisa lebih maksimal dibandingkan mencuci cara konvensional," ujarnya.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa