Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Biaya Bikin SIM C Masih Rp 100.000

Azwar Ferdian - Jumat, 18 Desember 2015 | 11:01 WIB

Jakarta, Otomania - Kepolisian RI melaui Kors Lalu Lintas (Korlantas) tengah menggodok rencana aturan baru mengenai Surat Izin Mengemudi (SIM) C. Para pengendara sepeda motor akan diatur SIM-nya sesuai dengan kapasitas silinder mesin.

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, mekanisme penggolongan SIM ini masih menggunakan SIM C sebagai dasar. Pemilik SIM C baru bisa memiliki SIM C1 dan C2 setelah mengikuti ujian teori dan praktek. Bagaimana dengan biayanya?

“Biayanya masih dibahas di Kementerian Keuangan untuk revisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 50 tentang PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) dan kita sedang menunggu keputusan itu,” ujar Kakorlantas Polri Irjen Pol Condro Kirono di Jakarta Pusat, Kamis (17/12/2015) malam.

Condro menambahkan, untuk membuat SIM C baru biayanya tidak berubah, yakni Rp 100.000, dan perpanjang Rp 75.000. Namun, nantinya pembuatan SIM C1 dan C2 akan sedikit lebih mahal, tapi belum diketahui berapa biaya pasti.

“Kita tunggu saja hasil keputusan dari Kementerian Keuangan. Tapi pembuatan SIM C baru tidak akan ada perubahan biaya, tetap Rp 100.000,” kata Condro.

Editor : Azwar Ferdian
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa