Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ujian Praktik SIM C Disesuaikan Kapasitas Silinder Mesin

Ghulam Muhammad Nayazri - Kamis, 17 Desember 2015 | 12:43 WIB

Jakarta, Otomania –
Kabar mengenai diberlakukannya pengelompokan Surat Izin Mengemudi sepeda motor (SIM C) pada 2016 nanti, sedang ramai diperbincangkan. Rencananya, Polri akan merealisasikan ini pada bulan April tahun depan.

Saat coba kembali melongok ke dalam Peraturan Kepala Kepolisian Nomor 9 tahun 2012 tentang Surat Izin Mengemudi (SIM), memang ada pengelompokan kapasitas mesin sepeda motor. Namun, tidak ada perbedaan dalam penamaan SIM C (misalnya C1 dan C2) antara kategori kapasitas silinder.

Berikut isi pasal 7 huruf d, yaitu SIM C berlaku untuk mengemudikan sepeda motor, yang terdiri atas:

1. SIM C untuk pengemudi sepeda motor dengan kisaran kapasitas silinder (cylinder capacity) paling tinggi 250 cc.

2. SIM C untuk pengemudi sepeda Motor dengan kisaran kapasitas silinder (cylinder capacity) antara 250 cc sampai 750 cc.

3. SIM C untuk pengemudi sepeda motor dengan kisaran kapasitas silinder (cylinder capacity) di atas 750 cc.

Itu artinya SIM C saat ini masih berlaku untuk semua jenis kendaraan roda dua. Hanya saja ada dari perbedaan ketika ujian praktik.

Ujian praktik

Di dalam Peraturan Kepala Kepolisian Nomor 9 tahun 2012 tentang Surat Izin Mengemudi pasal Terkait dengan teknis pelaksanaan, nantinya tempat ujian praktik untuk SIM C disesuaikan dengan sepeda motor yang akan digunakan (kapasitas silinder).

Ini seperti yang terdapat di dalam pasal 62 ayat 2, yaitu lebar dan panjang lapangan ujian praktek untuk SIM C, disesuaikan dengan besaran kapasitas silinder (cylinder capacity) dan (atau) dimensi sepeda motor yang akan dikendarai.

Namun, terkait dengan materi yang akan diujikan, tiap kategori SIM C tidak dibedakan. Ini tercantum di dalam pasal 62 ayat 1.

Materi ujian praktik, untuk peserta uji sepeda motor meliputi uji pengereman atau keseimbangan, uji slalom (zig-zag), uji membentuk angka delapan, uji reaksi rem menghindar, dan uji berbalik arah membentuk huruf U (U-Turn).

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa