Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kenali Gejala Keausan Damper Gir Sepeda Motor

Stanly Ravel - Kamis, 17 Desember 2015 | 08:31 WIB

Jakarta, Otomania - Karet gir atau damper pada sepeda motor memiliki fungsi utama untuk meredam entakan tenaga dari mesin yang mengalir ke ban.

Di saat damper sudah rusak atau terjadi kelonggaran, bisa dipastikan fungsinya akan berkurang. Selain itu, kondisi ini bisa membuat hilangnya kenyamanan saat berkendara.  

Keruskan pada damper biasanya dialami karena keausan atau sudah termakan usia. Tapi akan lebih cepat lagi bila pemakaian motor selalu dengan cara yang sifatnya mendadak, seperti saat kselerasi atau ketika berhenti.

Untuk mengenali bahwa damper atau karet gir sudah mulai kendur tak perlu penanganan yang khusus atau sampai dibawa ke bengkel spesialis. Cukup dengan melakukan pengecekan sendiri, biker sudah bisa mengetahui bahwa damper sudah harus di ganti.


"Mudah kok, motor tinggal distandar tengah, lalu goyangkan gir belakang. Bila ternyata gir sudah bisa goyang, nah itu tandanya karet damper sudah aus dan waktunya diganti," ujar Ade Rochman, Asisten Manajer Technical Training PT Daya Adicipta Mustika (DAM) Jawa Barat, ketika berbincang singkat dengan Otomania, Rabu (16/12/2015).

Menurutnya, pada mangkuk gir terdapat empat pegangan yang masuk dan dikunci oleh karet damper. Saat terjadi goyangan berarti meandakan bahwa sudah ada celah dan wajib untuk diganti.

BIla sudah goyang dan dibiarkan terus menerus, celah ini akan membuat traksi roda berkurang yang membuat akselerasi saat perpindahan gigi pun terasa berat.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa