Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Roda Belakang Tidak Stabil, Cek Kondisi Karet Damper

Stanly Ravel - Rabu, 16 Desember 2015 | 18:04 WIB

Jakarta, Otomania - Kerusakan pelek dan ban adalah penyebab utama yang membuat irama roda sepeda motor tidak stabil. Tapi khusus motor yang masih menggunakan rantai dan gir, kerusakan karet damper juga bisa membuat ban jadi goyang.

Dari sekian komponen yang ada pada roda motor, karet damper atau dikenal juga sebagai karet gir merupakan komponen yang sering dilupakan. Keberadaan karet ini berfungsi untuk untuk menahan mangkuk pegangan gir pada roda belakang.

Sedangkan untuk fungsinya bertugas meredam hentakan tenaga yang dialirkan dari mesin ketika menuju roda, khususnya saat perpindahan gigi dan pada kecepatan tinggi.

"Karet gir memang terlihat sepele, kebanyak orang justu mengangapnya hanya sebagai penyangga saja. Padahal tugasnya adalah untuk menahan entakan agar ketika berkendara tetap nyaman," ucap Ade Rohman, Asisten Manajer Technical Training PT Daya Adicipta Mustika (DAM) Jawa Barat, saat dihubungi Otomania, Rabu (16/12/2015).


Menurutnya, karet damper juga memiliki umur pemakaian. Ketika karet suda rusak termakan usia maka, hentakan roda akan makin terasa. Parahnya lagi hal ini juga bisa membuat perputaran roda menjadi tidak stabil karena rasanya akan seperti pelek yang 'oleng'.

"Selain bikin roda oleng, bila dibiarkan terus menerus juga bisa memakan gir dan rantai sehingga komponennya gampang aus," ucap Ade.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa