Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yuk Hitung Estimasi Biaya Restorasi Mobil Bekas

Ghulam Muhammad Nayazri - Kamis, 17 Desember 2015 | 07:04 WIB

Jakarta, Otomania –
Membeli mobil bekas (mobkas) pasti berbeda dengan beli mobil baru. Saat beli mobkas, pemeriksaaan harus lebih jeli dan seksama, agar kekurangan di bagian mesin, interior, eksterior maupun komponen lain bisa terlihat, sebelum dibawa pulang.

Kemudian, pembeli mobkas harus juga bisa mengestimasi biaya perbaikan, jika ada komponen yang rusak. Ini agar harga beli bisa disesuaikan. Salah satu tips ketika akan membeli mobil bekas (mobkas), yaitu dari usia kendaraannya.

Herjanto Kosasih Senior Manager Marketing sentra mobil bekas WTC Mangga Dua mengatakan, parameternya bisa dari usia atau berapa kilometer mobil sudah menempuh perjalanan. Namun, memang tergantung dengan riwayat pemilik terdahulunya.

“Mungkin parameternya bisa dari tahun atau kilometer, tapi tetap periksa dengan jeli agar tidak ada yang terlewat ketika memeriksa kondisinya,” ujar Herjanto kepada Otomania, Rabu (16/12/2015).

Herjanto melanjutkan, untuk yang di bawah dua tahun, atau kilometer masih di bawah 20.000 km, mobkas hanya perlu di tune-up ulang, cek bagian busi yang sudah menurun performanya, oli dan aki. Tetap lakukan standar wajib pemeriksaan mobkas, seperti pengecekan surat-surat, apakah bekas banjir atau tabrakan.

“Untuk usia mobil bekas di bawah dua tahun, masih cukup baik karena mesin-mesin saat ini sudah bagus. Untuk estimasi perbaikan dan servis kurang lebih Rp 1 juta sampai Rp 2 juta, dan mobil sudah bisa nyaman kembali dikendarai,” ujar Herjanto.

Kemudian untuk usia mobil 3-4 tahun, biasanya mobil sudah mengalami sedikit gangguan pada ban, karet pintu, kanvas rem, baret pada bodi, sarung jok, atau bahkan kaki-kaki. Estimasi biaya untuk perbaikan mencapai Rp 5 juta sampai Rp 10 juta.

“Saya ingatkan lagi, ini kembali lagi pada cara pemakaian pemilik sebelumnnya, bisa saja masih bagus kondisi komponen mobilnya di usia ini. Atau si penjual sudah memperbaiki kondisi mobil, jadi kita tidak perlu lagi membenahi. Intinya harus bawel ketika membeli mobkas,” kata Herjanto.

Terakhir, kata Herjanto, mobil bekas yang usianya di atas lima tahun. “Untuk yang usia mobilnya 5 tahun ke atas, harus lebih teliti, hampir semua komponennya harus diperiksa. Maka dari itu, jika belum paham mengenai mobil, sebaiknya membawa montir yang terpercaya,” ujar Herjanto.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa