Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Empat Cara Buat Karet Mobil Tetap Awet

Ghulam Muhammad Nayazri - Rabu, 16 Desember 2015 | 12:31 WIB

Jakarta, Otomania –
Komponen-komponen kendaraan akan lama usianya, jika pemilik kendaraan apik dalam merawat. Salah satu komponen tersebut yaitu karet-karet mobil yang posisinya mudah terlihat, seperti karet pintu dan jendela.

Leonardo, pemilik toko spesialis karet mobil, Subur Jaya Motor mengatakan, pemilik kendaraan memang tidak banyak yang paham akan pentingnya karet mobil, maka dari itu komponen ini cukup jarang diberi perhatian lebih.

“Karet mobil yang rusak akan membuat ruang kabin menjadi tidak nyaman (kedap), bahkan di beberapa kasus, bisa terjadi kebocoran ketika hujan. Meski memang pasti akan rusak, paling tidak bisa diperpanjang usianya, sehingga uang tidak cepat dikeluarkan untuk biaya penggantian,” ujar Leonado, Rabu (2/12/2015).

Pria yang akrab disapa Leo ini melanjutkan, ada beberapa tips ringan yang bisa dilakukan, agar karet mobil bisa awet.

Pertama, jangan terlalu sering memarkir kendaraan di tempat yang langsung terkena cahaya matahari. Karena akan membuat karet cepat kering.

Kedua, setiap pulang dari perjalanan, bersihkan karet-karet dari debu yang menempel. Gunakan air biasa dan lap dengan bahan dan usapan yang lembut.

Ketiga, secara berkala (satu bulan sekali) semprotkan karet dengan cairan silicon spray. “Cairan ini membuat karet tidak cepat kering, apalagi ketika diparkirkan di tempat yang langsung terkena sinar matahari,” ujar Leo.

Keempat, untuk para pengemudi dan penumpang, berhati-hati ketika masuk dan keluar mobil. “Kalau tidak hati-hati, badan bisa menyenggol bagian karet yang ada di bodi mobil, sehingga bisa cepat robek,” ujar Leo.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa