Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Perawatan Wajib Pelihara Satria FU

Ghulam Muhammad Nayazri - Rabu, 16 Desember 2015 | 07:01 WIB

Jakarta, Otomania –
Performa mesin dan kelincahan, jadi salah satu pertimbangan konsumen memilih sepeda motor ayam jago Suzuki Satria FU. Akan tidak sedap, jika dua faktor tersebut hilang, ketika mengendarai sepeda motor yang terkenal dengan akselerasinya tersebut.

Rulianto, pemilik bengkel spesialis Suzuki Satria, Rully Motor Sport mengatakan, untuk Satria FU sendiri, ada ritual wajib yang harus dilakukan, yaitu membersihkan piston atau ruang bakar. Perawatan ini dilakukan setiap 20.000 km, atau sekitar 2 tahun sekali.

“Ini dilakukan untuk membersihan kerak-kerak yang menumpuk. Setidaknya setiap 20.000 km atau 2 tahun. Tujuannya jelas, untuk menjaga performa sepeda motor Suzuki ini tetap enak tarikannya,” ujar Rulianto, Senin (14/12/2015).

Pria yang akrab di sapa Ruli ini melanjutkan, ini merupakan keharusan untuk perawatan Suzuki Satria F. Karena jika tidak, akan timbul efek-efek negatif.

“Kalau kerak di dalam ruang bakar atau piston sampai tebal dan sampai pada klep, maka akan mengakibatkan kebocoran kompresi. Jika sudah begitu mesin tidak bisa dihidupkan. Kalaupun mesin hidup, maka tenaganya akan hilang,” tutur Ruli.

Lebih dari itu, lanjut Ruli, sepeda motor akan ngelitik. Ditambah lagi, jika kerak sampai berbenturan dengan klep, maka akan membuat klep bengkok.

“Jadi jangan lupa untuk melakukan perawatan ini, karena sangat penting. Ongkos pembersihannya hanya Rp 150.000. Tapi kalau sampai bengkok klepnya, bisa rugi Rp 400.000 untuk yang orisinil, sementara klep produk lokal Rp 250.000,” ujar Ruli.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa