Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tips Sederhana Berkendara Irit BBM

Ghulam Muhammad Nayazri - Jumat, 11 Desember 2015 | 15:33 WIB

Jakarta, Otomania –
Tidak sedikit pengendara yang mengeluhkan konsumsi bahan bakar kendaraanya yang boros. Perlu diketahui, penyebab borosnya kendaraan selain karena memang kebutuhan mesin, tapi juga ada kontribusi dari pengemudi.

Cara berkendara tersebut yang kerap dilupakan para pengendara, ketika ingin mengefisiensi penggunaan bahan bakar minyak (BBM). Teringat ucapan Warsino, Service Head Tunas Toyota Dewi Sartika pada Juli 2015 lalu yang mengatakan, cara berkendara jadi salah satu faktor penentu efisiensi bahan bakar.

Di dalam buku panduan Aman Berlalu Lintas yang diterbitkan Astra Internasional, terdapat tips dan trik sederhana, teknik berkendara irit bahan bakar. Setidaknya ada lima poin yang natinya bisa diaplikasikan, ketika berkendara.

Pertama, jangan terlalu lama memanaskan mesin kendaraan. Lakukan kegiatan ini hanya sekitar satu menit saja. Karena jenis mesin kendaraan saat ini (injeksi) berbeda dengan mesin yang masih karburator.

Kedua, perhatikan ketika akan memindahkan gigi kopling. Biasakan untuk melakukan ini saat mesin pada putaran 2.000 – 3.000 rpm.

Ketiga, hindari akselerasi dan pengereman secara mendadak, bila memang tidak diperlukan. Ini merupakan perilaku yang sering kali dilakukan pengemudi.

Keempat, gunakan tekanan angin ban kendaraan sesuai spesifikasi. Untuk mengetahui standar spesifikasinya, bisa dilihat pada pilar pintu sebelah kanan

Kelima, lakukan perawatan mesin secara berkala dan teratur.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa