Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Usia Ideal Stiker Melekat di Bodi Mobil

Ghulam Muhammad Nayazri - Senin, 14 Desember 2015 | 12:01 WIB

Jakarta, Otomania -
Modifikasi kendaraan dengan memasang stiker jadi pilihan banyak pemilik kendaraan, dengan tujuan membuat tampilan mobil lebih menarik. Ada juga yang memasang stiker untuk melindungi cat asli bawaan pabrik.

Namun, ada yang perlu diperhatikan ketika bodi mobil sudah ditempel oleh stiker. Salah satunya yang bakal merugikan bila stiker terlalu lama menempel di atas cat asli mobil.

"Pemasangan stiker selain untuk gaya, pemilik mobil biasanya juga mau melindungi cat asli. Tapi jangan terlalu lama stiker dicopot dari mobil, maksimalnya sampai 2-3 tahun. Terkait stikernya sendiri, ketahanan daya rekat dan warnanya bisa sampai lima tahun," ujar Rivo Yudhistira, Asisten Owner Araja kaca film dan stiker, Rabu (2/12/2015)

Rivo melanjutkan, jika terlalu lama menempel pada bodi mobil, bisa menimbulkan korosi pada cat mobil. Selain itu, bahan perekat stiker akan semakin menyatu dengan pernis. Akibatnya, ketika stiker dilepaskan, pernis atau bahkan cat mobil bisa ikut terangkat.

"Kebanyakan pemilik kendaraan menunggu bosan terlebih dahulu, saat akan mencopot stiker. Jadi usianya tidak tentu, tapi idealnya tetap hanya sampai dua tahun, atau paling lama tiga tahun," ujar Rivo.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa