Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tujuh Jurus Periksa Kondisi Rem Mobil

Ghulam Muhammad Nayazri - Rabu, 16 Desember 2015 | 07:21 WIB


Jakarta, Otomania –
Membeli mobil bekas jadi pilihan beberapa masyarakat, biasanya karena harganya yang bisa menyesuaikan kocek. Namun, jangan lupa periksa baik-baik komponennya, agar tidak rugi nantinya.

Salah satu komponen yang wajib diperiksa yaitu kondisi rem. Karena ini jadi bagian penting yang wajib diperhatikan. Karena dikhawatirkan, baru beberapa kali digunakan, rem sudah tidak berfungsi baik.

Sapta Agung Nugraha, Service Head Toyota Auto2000 Pramuka coba berbagi tips, perihal poin-poin yang harus diperhatikan ketika akan memeriksa rem mobil bekas. Berikut tujuh cara yang sekiranya bisa dilakukan.

Pertama, periksa apakah ada kebocoran di area rem. Ciri-cirinya yaitu, pada bagian sekitar rem dibasahi oleh oli (ini akan terlihat ketika kendaraan diangkat).

Kedua, periksa kondisi minyak rem melalui warna di reservoir (penampungan minyak rem), apakah sudah menghitam.

Ketiga, periksa kondisi booster rem, dengan cara menekan pedal rem dengan dikocok berkali-kali, kemudian tahan di posisi bawah. Tetap pada posisi tersebut, kemudian nyalakan mesin. Apabila kaki bergerak turun (tambah menekan) berarti kondisi booster masih baik.

Keempat, periksa kondisi kanvas rem, dengan mengintip di celah pelek menggunakan penerang.

Kelima, periksa kondisi cakram dengan meraba, apakah permukaannya bergelombang atau masih halus atau rata.

Keenam, pada saat berjalan kemudian tekan rem, apakah terdapat bunyi gesekan mendecit atau bunyi yang tidak normal lainnya (bunyi mengindikasikan kanvas rem sudah habis/tipis).

Ketujuh, untuk rem dengan ABS (anti-lock braking system), perlu dicek apakah ada indikator abnormal yang menyala. Menandakan kalau ada kerusakan pada komponen ini.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa