Ragam Cairan Aditif untuk BBM

Ghulam Muhammad Nayazri - Senin, 7 Desember 2015 | 17:29 WIB

Jakarta, Otomania –
Ragam cairan aditif untuk kendaraan cukuk ramai di pasar otomotif. Cairan tersebut biasanya digunakan untuk menambah level oktan atau iming-iming mempu membuat kualitas bahan bakar minyak (BBM) jadi lebih baik, bahkan ada yang menawarkan keuntungan-keuntungan lain.

Kuntarto Rahmat Pemilik bengkel Goebuk Tune Up mengatakan, memang umumnya cairan aditif untuk BBM berguna untuk menaikkan kadar oktan bensin. Cairan ini juga sudah tidak asing bagi pengguna kendaraan, khususnya roda empat.

“Memang kualitas bensin yang tidak bagus memiliki efek negatif pada mesin mobil khususnya, yang kebanyakan cukup sensitif terhadap BBM. Maka dari itu penggunaan cairan seperti ini kerap dilakukan pemilik kendaraan,” ujar Kuntaro kepada Otomania, Jumat (4/12/2015).

Kuntarto menambahkan, ragam zat aditif untuk kendaraan diantaranya ada merek Lupromax, Fuel Set, Nitro Race, dan Spark. Masing masing produk menawarkan keunggulannya masing-masng. Tidak hanya itu, takaran penggunaan dan harga juga berbeda-beda.

“Seperti misalnya Nitro Race dan Spark yang tidak hanya menambahkan oktan, tapi diklaim melindungi komponen dalam mesin dari karat dan membersihkan injektor. Kemudian produk Fuel Set yang tidak hanya bisa digunakan untuk bensin tapi juga solar, sehingga tidak hanya unutk mobil tapi juga alat berat,” ujar pria yang akrab disapa Ikun ini.

Harganya cukup beragam, yakni Lupromax Rp 100.000, Fuel Set Rp 150.000, Nitro Race Rp Rp 90.000, serta Spark yang dibanderol Rp 60.000. “Pemilihan tergantung selera pemilik kendaran atau kebutuhan mobil sendiri,” ujar Ikun.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Agung Kurniawan

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa