Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Setelan “Irit Ngibrit” buat Mobil yang Sudah Loyo

Ghulam Muhammad Nayazri - Sabtu, 5 Desember 2015 | 09:03 WIB

Jakarta, Otomania –
Bagi pemilik mobil yang mengeluhkan performa yang sudah mulai loyo dan boros, bengkel Goebuk Tune Up bisa jadi alternatif kunjungan. Bengkel yang digawangi Kuntarto Rahmat ini punya setelan jitu, untuk mengembalikan perfoma mesin.

Hanya dengan mahar sekitar Rp 450.000 untuk rata-rata mobil dengan mesin empat silinder, sudah bisa merasakan mobil kembali nyaman digunakan. Selain disetel, harga tersebut sudah termasuk pembersihan ruang bakar dengan carbon clean (Rp 300.000) dengan teknik pembusaan dan penyedotan.

Baru setelah itu, mobil disetel dengan setting-an yang biasa disebut “irit ngibrit” (Rp 150.000 sampai Rp 250.000). Namun, tetap disesuaikan dengan selera pemilik kendaraan.

“Dalam penyetelan ini, mobil tidak diacak-acak, tidak banyak putar sana putar sini, jadi tidak perlu khawatir. Dalam proses ini, penyetelan hanya dimaksudkan untuk mengoptimalisasi kerja sensor-sensor mobil sesuai standar bawaan pabrik,” ujar pria yang akrab disapa Ikun kepada Otomania, Jumat (4/12/2015).

Ikun melanjutkan, penyetelan “irit ngibrit” ini disesuaikan dengan gaya berkendara pengemudi yang terekam dan bisa dilihat pada alat diagnostic. Apakah gaya berkendaranya ngurut, bejek atau gaspol.

“Nantinya disesuaikan dengan kebiasaan pengemudi yang sudah terekam, kemudian saya lihat melalu smartbox diagnostic merek Launch seri 4 atau scanner mobil injeksi,” ujar Ikun.

Memang ketika disetel irit, lanjut Ikun, tenaga mobil menjadi berkurang sedikit. Namun mobil menjadi lebih responsif di putaran bawah. Sehingga membuat pengemudi percaya diri untuk melakukan manuver sepeti menyalip.

“Dengan irit tersebut memang tenaga sedikit berkurang, namun mesin mobil saya buat menjadi lebih responsif. Pantas untuk dibuat berkendara stop and go,” ujar Ikun.

Zacky pemilik Toyota Innova tahun 2011 yang merupakan salah satu konsumen bengkel Goebuk Tune Up mengatakan, setelah mobilnya disetel “irit ngibrit”, konsumsi bahan bakar lebih baik dari sebelumnya dan di putaran bawah, mesin menjadi responsif.

“Biasanya perjalanan Jakarta sampai Bandung, belanja bahan bakar mencapai Rp 700.000 saat ini hanya sekitar Rp 300.000-an,” ujar Zacky.

Goebuk Tune Up
Jalan Cipinang Lontar Indah Nomor 66
Cipinang, Jakarta Timur
081218286205

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa