Ngeri, Ini Rasanya Nyetir di Bawah Pengaruh Narkoba

Azwar Ferdian - Jumat, 27 November 2015 | 16:12 WIB
No caption
No credit
No caption

Dearborn, Otomania - Ford sebagai salah satu produsen otomotif dunia terus memberikan edukasi tentang keselamatan berkendara. Tidak hanya pakai cara konvensional, Ford memberikan cara yang unik dalam memberikan edukasi.

Baru-baru ini Ford memperkenalkan ”Drugged Driving Suit”. Ini adalah baju khusus yang bisa memberikan efek-efek layaknya orang yang mengonsumsi narkoba seperti penggunaan ganja, kokain, ekstasi, LSD, hingga heroin.

Alat atau baju ini diciptakan sehubungan dengan program Ford Driving Skills for Life. Tujuannya, memberi tahu bagaimana bahayanya saat efek dari narkoba terbawa ketika sedang menjalankan kendaraan.

Baju ini mengingatkan pada Ford Empathy Belly, peralatan yang membuat orang seolah-olah menjadi hamil, merasakan beratnya, dan bagaimana susahnya jika menyetir.

Simulasi efek narkoba ini dikembangkan atas pengawasan dari Meyer-Hentschel Institute, Jerman, mampu memberikan efek-efek yang berbeda seperti dirasakan para pecandu narkoba.

Seperti ketika para pecandu selalu melihat cahaya berpendar dalam pengelihatan, Ford menciptakan kacamata khusus untuk efek itu. Kacamata ini juga bisa memberikan efek warna-warni seperti orang-orang yang mengonsumsi LSD.

Selain kacamata, ada peralatan khusus yang dibebankan pada leher, siku, lutut, yang semuanya membatasi gerak seseorang. Perlengkapan itu juga dilengkapi dengan pemberat engkel serta pinggang untuk mengurangi kecepatan reaksi. Ada juga generator yang mampu membuat tangan terasa bergetar (tremor).

Alat ini lahir atas jumlah kematian yang terus naik akibat kecelakaan di jalan akibat narkoba di Amerika Serikat. Bahkan berdasar survei beberapa tahun mendatang jumlah itu akan bertambah.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian
Sumber : KompasOtomotif

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa