Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ganti Sokbreker, Jika Sudah Rasakan Gejala Ini

Ghulam Muhammad Nayazri - Kamis, 5 November 2015 | 08:23 WIB


Jakarta, Otomania –
Demi kenyamanan berkendara, tiap bagian sepeda motor jangan pernah luput dari perawatan. Salah satu komponen yang seharusnya diperhatikan yaitu kondisi sokbreker. Jika sudah terasa tidak nyaman, maka segera periksakan atau ganti dengan yang baru.

Yanu Suprapto, Kepala Mekanik AHASS Sumber Jaya Motor Pulogebang, Jakarta Timur mengatakan, ada beberapa hal yang bisa jadi parameter sokbreker harus diganti. Jika dibiarkan berkendara akan tidak nyaman.

“Jadi jangan hanya menggunakan sepeda motor saja, tapi perhatikan komponennya baik-baik, agar saat ada kerusakan bisa segera diperbaiki. Untuk sokbreker sendiri, lihat apakah ada cairan serupa oli yang bocor dari bagian atas sok. Itu adalah indikasi pertama yang cukup kasat mata,” ujar Yanu, Rabu (4/11/2015).

Kemudian, lanjut Yanu, hanya tinggal merasakan apakah sokbreker kurang terasa enak daya redamnya, entah itu keras atau bahkan terlalu empuk. Jika begitu, maka akan mempengaruhi kestabilan ketika berkendara. Konsultasikan kepada bengkel resmi atau bengkel terpercaya lainnya, saat sok sudah terasa berbeda dari sebelumnya.

“Jangan abaikan kerusakannya, karena akan mengganggu kenikmatan berkendara di jalan. Biasanya penyebab dari rusaknya sok, terlalu sering membawa beban berat, atau seringkali melalui kondisi jalan rusak, kemudian kasar mengemudikan sepeda motor” ujar Yanu.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa