Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ke Bengkel Khusus "Central Lock", Perhatikan Ini

Ghulam Muhammad Nayazri - Sabtu, 24 Oktober 2015 | 08:08 WIB

Jakarta, Otomania –
Salah satu fitur pada interior mobil yang berguna untuk memudahkan pengemudi yaitu central lock. Karena hanya dengan menekan atau mengoperasikan satu bagiannya, maka semua pintu akan tertutup. Saat ini, hampir semua jenis kendaraan yang diproduksi sudah memiliki sistem central lock

Piranti ini, juga bukan hanya memudahkan, tapi juga menjaga keamanan. Apalagi ketika terdapat penumpang anak-anak yang sering kali tidak sengaja membuka kunci pintu. Namun, ada kalanya memang komponen ini mengalami gangguan. Jadi proses penguncian mobil, kembali harus dilakukan dengan manual.

Iwan Abdurrahman, Technical Service Division PT Toyota Astra Motor mengatakan, jika komponen ini rusak, memang sebaiknya harus diperbaiki. Saat ini, banyak bengkel umum yang menyediakan jasa perbaikan central lock. Memang tidak dilarang servis di bengkel umum, tapi pastikan mereka dapat dipercaya.

“Dalam memperbaiki komponen central lock, yang biasanya jadi fokus kita adalah urusan perkabelan. Pastikan untuk berhati-hati dalam proses penyambungan atau pengambilan tegangan listrik (jika ada penambahan baru). Carilah bengkel yang memang berpengalaman dalam bidang ini,” ujar Iwan kepada Otomania,  Kamis (22/10/2015).

Iwan menambahkan, hal yang dikawatirkan adalah terjadinya arus pendek (korsleting). Sehingga akan menyebabkan kabel terbakar, karena sambungan kabel tidak rapih. Lebih dari itu, kesalahan dalam pemasangan kabel-kabel, akan merusak sistem lainnya.

”Jadi ketika sang mekanik mengambil tegangan secara sembarangan, tanpa perhitungan, maka kerusakan bisa merembet pada komponen lain. Jadi sekali lagi, cari teknisi yang bisa dipercaya untuk melakukan perbaikan ini,” ujar Iwan.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa