Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Kerugian bila Knalpot Dibiarkan Rusak

Ghulam Muhammad Nayazri - Jumat, 23 Oktober 2015 | 09:03 WIB

Jakarta, Otomania 
— Knalpot berfungsi penting pada kendaraan, khususnya mobil. Selain sebagai saluran buang hasil pembakaran, juga kerap dianggap dapat menambah tenaga pada performa mobil. Namun, perhatikan, jika komponen ini mengalami kerusakan, jangan diabaikan dan menunda perbaikan.

Iwan Abdurrahman, Technical Service Division PT Toyota Astra Motor, mengatakan, gangguan atau bahkan kerusakan yang ada pada knalpot lebih baik untuk segera diperbaiki. Sebab, jika tidak, akan memunculkan kerugian-kerugian pada mobil, atau bahkan pada penghuni kabin mobil. Kebanyakan pemilik kendaraan memang enggan memperbaikinya.

“Kerugian yang biasanya dirasakan para pemilik kendaraan roda empat, yang saluran pembuangannya bermasalah, yaitu keluarnya suara berisik berasal dari knalpot. Lebih dari itu, penggunaan bahan bakar lebih akan lebih banyak dibanding ketika knalpot dalam keadaan normal,” ujar Iwan kepada Otomania, Kamis (22/10/2015).

Iwan melanjutkan, parahnya lagi, jika knalpot mengalami kebocoran yang posisinya berada di dekat area mesin. Hal itu memungkinkan gas buang yang dihasilkan dari proses pembakaran di dalam mesin masuk ke dalam kabin mobil. Hal tersebut pastinya akan mengakibatkan hal yang tidak baik, baik bagi pengemudi maupun penumpang.

“Jika bocor di dekat area mesin, gas buang yang dihasilkan dari hasil pembakaran mesin akan berpotensi membuat gas buang masuk ke kabin kendaraan melalui ducting AC. Bahaya lho racunnya,” ujar Iwan.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa