Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Antena Etios Patah? Begini Cara Perbaikinya

Azwar Ferdian - Rabu, 21 Oktober 2015 | 13:15 WIB

Jakarta, Otomania – Antena headunit di atap bagian depan pada Etios Valco kadang jadi masalah tersendiri. Pasalnya, para pengemudi sering lupa tingginya 67 cm jadi sering kejadian nyangkut di ranting yang melintang dan patah atau rusak ketika memasang sarung mobil. Nah, Toyota Etios Valco Club Indonesia (TEVCI) punya trik ala komunitas untuk memperbaiki antena yang rusak.

TEVCI sering bercanda mengatakan, antena Etios mirip alat untuk mancing karena bentuknya yang panjang dan statis. Bahan pembuatnya dari plastik serat (fiber) dan tidak bisa panjang-pendek otomatis. Meski sebenarnya sudah kuat dan arah mengacungnya ke belakang, patah bisa terjadi ketika mobil mundur untuk parkir.

Biasanya, pemilik yang mau masalah itu selesai menggantinya dengan model lebih pendek. Tapi tidak semua begitu, ada saja yang mau bergaya orisinil memakai antena asli walau masalahnya tetap sama. Nah, untuk yang terakhir itu TEVCI membeberkan apa saja yang perlu dilakukan. Intinya, patahan antena yang rusak dibuang, sisanya dipasang lagi ke dudukan asli.

Siapkan tang sebagai penjepit, lem super kuat, korek api gas, obeng kecil, dan pisau. Langkah pertama, copot dudukan antena yang masih menempel di mobil untuk diperbaiki. Lepas bagian plastik pembungkus, biasanya dipanaskan dengan korek api sambil ditarik dengan tang bisa membantu.

Setelah plastik pembungkus copot, keluarkan patahan antena yang ada di dalam. TEVCI bilang cara ini cukup rumit karena materialnya di-press. Satu cara yang ditunjukan, bagian plastik dibakar sampai hangus lalu dikorek dengan obeng kecil sampai keluar.

Potong antena yang masih tersisa sekitar 1 cm tapi sisakan kawat tembaga yang ada di dalamnya. Masukan pembungkus plastik ke batang antenna (hati-hati jangan sampai terbalik), setelah itu oleskan batang antena dengan lem, kemudian masukan kembali ke dudukan. Pegang dan tahan diam beberapa saat. Geser plastik pembungkus ke arah dudukan, panaskan sedikit hingga melekat.

Antena asli Etios sudah bisa digunakan kembali. Meski hasilnya jadi lebih pendek, cara ini dikatakan tidak mengubah sinyal radio. Detail lebih lengkap simak di website resmi TEVCI.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa