Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Lakukan Ini Agar Bajaj Pulsar Tidak Mudah Rusak

Ghulam Muhammad Nayazri - Kamis, 22 Oktober 2015 | 14:01 WIB

Jakarta, Otomania –
Produk sepeda motor Bajaj Pulsar yang memiliki teknologi DTS-i (Digital Twin Spark Ignition), diklaim bisa irit bahan bakar, karena pembakaran yang optimal. Disampaikan Lulu, pemiliki bengkel spesialis Bajaj Pulsar, ada hal yang harus diperhatikan beberapa perawatannya.

“Dengan memiliki dua busi, pengapian lebih sempurna dan pembakaran semakin bagus. Meski satu busi mati, sepeda motor masih tetap bisa berjalan. Lebih dari itu, ketika sepeda motor berada di posisi 6.000 rpm, maka otomatis hanya menggunakan satu busi, ini diatur oleh Capacitor Discharge Ignition (CDI) digital pada Bajaj Pulsar,” ujar Lulu yang juga mantan teknisi bengkel resmi Bajaj Pulsar, Kamis (15/10/2015).

Lulu menambahkan, karena pengapian bagus ini, mesin menjadi cepat panas. Memang ada keuntungan mesin cepat panas, karena terkait performa. Namun, kalau kepanasan kerugian ada di sil ang cepat mengalami kerusakan. Kebetulan sepeda motor Bajaj Pulsar, yang ada di Indonesia khsuusnya, hanya mengandalkan oil cooler.

“Jadi, karena penjagaan panas dari oli pendingin, pemilihan oli jangan sembarangan untuk sepeda motor ini. Biasanya yang direkomendasikan yaitu yang bermerek Valvoline dengan Viskositas 20W-40. Memang sebenarnya menggunakan oli apapun bisa, namun yang direkomendasikan jenis ini,” ujar Lulu.

Selain oli, lanjut Lulu, hal penting lain yaitu pemilihan bahan bakar minyak (BBM). Ini merupakan salah satu faktor penentu keawetan komponen kendaraaan. Tidak hanya pada Bajaj Pulsar tapi juga pada kendaraan lain. Dengan bekal pembakaran yang bagus, sebenarya Bajaj Pulsar diperbolehkan menggunakan bensin Premium. Tapi, karena kandungan BBM tersebut tidak cukup bersih, maka sebaiknya menggunakan Pertamax atau yang nilai oktannya tinggi.

“Sama seperti kendaraan lain, menjaga keawetan mesin sepeda motor juga harus memperhatikan bahan bakarnya. Agar saat terbakar, tidak menyisakan kerak di dalam ruang pembakaran,” ujar Lulu.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa