Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Wanita, Tolong Baca ini Sebelum Berkendara

Stanly Ravel - Kamis, 15 Oktober 2015 | 07:04 WIB

Jakarta, Otomania - Dari beberapa penelitian, wanita memang memiliki persentase yang lebih kecil dalam hal resiko buruk berkendara dibanding pria. Tapi, bukan berarti wanita lebih aman, karena mereka juga cenderung memiliki kebiasan buruk saat berekendara.  (baca : Ini 8 Kebiasaan Buruk Wanita Ketika Berkendara).

"Kecelakaan serius memang lebih sering di dominasi pengemudi pria ketimbang wanita. Tapi wanita juga memiliki beberapa sifat buruk yang sadar tidak sadar bisa berdampak fatal," ucap Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) saat dihubungi Otomania pada awal bulan ini.

Menurutnya, sebagian wanita mungkin tidak menyadari saat berkendara ada hal-hal yang harus diperhatikan. Karena sebab akibatnya bukan hanya bisa merugikan diri sendiri tapi juga orang lain di sekitarnya.

"Pengemudi wanita sering pelan, tapi pelan pun bukan selalu berarti aman, begitu juga dengan bergerak dengan tiba-tiba bisa berakibat merugikan kita maupun orang lain sesama pengguna jalan," ucapnya.

Nah, untuk itu Jusri pun memberikan beberapa hal yang wajib diperhatikan sat berkendara, khususnya bagi para kaum hawa yang setiap harinya mengunakan mobi untuk beraktivitas.

1. Saat bergerak, mulai dengan dengan perhitungan artinya bergerak sesuai kebutuhan. Perhatikan lingkungan dan beri kesempatan para pemakai jalan lain mengetahui kondisi bahwa anda akan bergerak atau bermanuver (bisa dengan sein atau klakson).

2. Jika memerlukan pengereman perhatikan prosedurnya.
- Liat spion belakang, kiri dan kanan terlebih dahulu, jika aman baru lakukan pengereman (mereka yang lain belum tentu siap memperlambat kecepatannya).
- Mengerem secara halus dan bertahap, dengan demikian pengguna jalan lain memiliki kesempatan untuk meresponse gerakan anda.
- Hindari pengereman kasar yang membuat roda berderit. Pengereman semacam ini justru mengurangi cengkraman ban ke aspak sehingga mobil dapat tidak terkendali.
- Jika memerlukan pengereman darurat, saat roda berderit segera kurangi injakan pedal rem anda, kemudian lanjutkan tekannanya kembali.

3. Saat berpindah jalur, perhatikan blindspot dan ikut prosedur, mulai dari pengecekan spion, hidupkan lampu sein, dan memastikan kembali dengna menoleh ke arah yang akan dituju.

4. Saat berkendara, pastikan posisi di balik kemudi cukup nyaman dan aman. Posisi duduk merupakan fondasi dalam mengendalikan mobil, posisi yang benar harus memenuhi persyaratan ergonomi dan mampu dengan cepat melakukan gerakan-gerakan yang tidak terbatas.

5. Di saat akan melakukan U-Turn menikunglah dengan sudut yang kecil. Karena saat membuat lintasan yang lebar akan mecelakakan anda, pengendara lain akan mendapatkan ruang yang kian terbatas di luar harapan sehigga potensi mereka menabrak anda semakin besar.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa