Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Keren, Game Keselamatan Berkendara Buatan Polisi Jepara

Ghulam Muhammad Nayazri - Rabu, 21 Oktober 2015 | 11:01 WIB

Jakarta, Otomania –
Upaya menyadarkan masyarakat akan pentingnya keselamatan berlalu lintas, memunculkan beragam ide dan cara. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh AKP Andhika Wiratama, Kasatlantas Jepara, dengan membuat aplikasi game petualangan lalu lintas.

Game aplikasi ini dimaksudkan untuk mengedukasi warga Jepara pada khususnya, dan seluruh masyarakat Indonesia pada umunya. Ide Andhika tersebut diawali karena kewajiban untuk menyadarkan masyarakat, namun terbentur kendala personel kepolisian di daerahnya yang terbatas.

Dari situ kemudian mulai muncul keinginan membuat aplikasi seperti itu.  Agar dengan sedikit personel, informasi terkait keselamatan lalu lintas tidak terputus, dan tetap bisa diberikan kepada masyarakat.

“Nama aplikasi game-nya Petualangan Baseta (Badut Keselamatan Berlalulintas). Ini saya temukan di akhir 2014, dan pengerjaannya sekitar enam bulan. Kemudian baru bisa diluncurkan pada bulan Mei lalu,” ujar Andhika menjawab Otomania, Selasa (20/10/2015).

Andhika melanjutkan, pada dua bulan pertama, masyarakat yang mengunduh mencapai 25.000 orang.  Namun, angka tersebut tidak kunjung naik signifikan dalam bulan-bulan terakhir ini. Maka dari itu, dalam beberapa waktu ke depan, Andhika akan membangun aplikasi game generasi kedua dan akan dipublikasikan kembali.

“Memainkan game ini sangat mudah, seperti layaknya permainan lain. Hanya tinggal mengumpulkan poin, yang didapat dari sikap berkendara di dalam game. Misalnya tidak menabrak atau tidak melanggar rambu-rambu . Namun, jika melangar maka poin akan dikurangi. Game ini terdiri dari sembilan level, dan tiap levelnya terdapat lima pertanyaan yang harus dijawab dengan benar,” ujar Andhika.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa