Kenali Beda Subwoofer Aktif dan Pasif

Stanly Ravel - Senin, 19 Oktober 2015 | 15:15 WIB

Jakarta, Otomania - Kebanyakan orang masih bingung memilih dan membedakan subwoofer. Hal yang perlu diketahui saat ini dipasaran ada dua jenis sub yang dipasarkan, yakni aktif dan pasif.

Keduanya memliki perbedaan yang signifikan terutama dari segi komponen. Tapi secara fungsi keduanya masih sama yaitu untuk mendapatkan suara low frekuensi yang lebih dalam dan halus.

"Aktif dan pasif umumnya membedakan unit dari subwoofer sendiri. Subwoofer aktif sudah terintegrasi dengan subwoofer pasif beserta amplifier yang menjadi satu kesatuan sehingga untuk pemakaian hanya tinggal membutuhkan daya 12-14volt dan input suara," ujar Eddi Soesanto dari Cartens Autosound kepada Otomania, Fatmawati - Jakarta Selatan (19/10/2015).

Sedangkan untuk subwoofer pasif atau sering disebut dengan subwoofer biasa merupakan speaker yang berfungsi untuk memproduksi suara dengan range frekuensi 10-200hz, diameter mulai dari 8 inci hingga 21 inci. Untuk pemakaian jenis ini dibutuhkan amplifier dan box agar subwoofer dapat berfungsi dengan baik, berbeda dengan model yang aktif yang sudah lengkap.

Menurutnya, kedua jenis sub ini memiliki fungsi yang sama. Sedangkan untuk pemilihan tergantung dari kebutuhan dan jenis modifikasi yang akan dilakukan.

Untuk aktif kebanyakan orang lebih menggunakanya dalam mengejar prioritas pada kemudahan instalasi di mobil, sedangkan subwoofer pasif biasa digunakan untuk yang memprioritaskan kulaitas suara karena diperlukan ubahan lagi seperti memasang boks dan amplifier yang cocok.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa