Bursa Audio Bekas di Taman Puring

Ghulam Muhammad Nayazri - Selasa, 13 Oktober 2015 | 07:05 WIB

Jakarta, Otomania –
Rasanya kurang lengkap jika pembahasan audio mobil aftermarket, hanya terbatas pada produk baru saja, tanpa menyentuh ranah second hand. Bagi mereka yang punya dana terbatas untuk memboyong paket audio anyar, merek ternama, dan berkualitas, tidak ada salahnya sekedar melongok atau bahkan memilih produk-produk bekas pakai ini.

Salah satu lokasi yang tenar di Jakarta untuk mencari audio bekas, adalah di Pasar Taman Puring (Tampur), Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Setidaknya ada sekitar 50 kios yang menjual audio bekas dari berbagai merek dan jenis. Kebanyakan para pedagang di sana sudah cukup lama berjualan, misalnya seperti ada yang sejak 2002 dan 2003.

“Toko yang ada di sini kurang lebih ada sekitar 50 pedagang audio. Ada yang datang dan pergi, namun kebanyakan adalah pedagang lama yang ada di sini,” ujar Yudi pemilik Yoga Car Audio, kepada Otomania, Senin (12/10/2015).

Yudi melanjutkan, di tempat ini banyak pilihan macam audio yang dijual, dengan harga yang beraneka ragam pastinya. Biasanya, perbedaan harga ditentukan dari kondisi barang yang akan dijual. Jadi harga tidak bisa dipatok pada angka tertentu, tapi fleksibel, tergantung kondisi dan negosiasi.

“Misalnya satu toko ada head unit JVC tanpa kelengkapan remote, sedangkan di tempat lain ada, atau kondisi fisik barang ada lecet, maka harganya jelas akan berbeda. Jika berbicara kualitas barang bekas, pastinya ada sedikit penurunan,” ujar Yudi.

Ditempat lain, Asep pemilik toko Maju Jaya yang sudah dari 2002 berjualan di Tampur menambahkan, produk yang dijual umumnya yaitu speaker, subwoofer, power dan head unit. Harga produk pendukung audio bekas tersebut, tersedia mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

“Jika ingin upgrade di sini sebaiknya bawa serta kendaraannya agar bisa langsung dipasangkan. Jadi jika ada kekurangan bisa langsung kelihatan dan diperbaiki. Untuk lama pemasangan, mencapai dua jam, tapi jika harus membuat box, bisa satu hari satu malam,” ujar Asep.

Asep melanjutkan, merek-merek yang ditawarkan bermacam-macam, seperti Pioneer, JVC, Sony, Kenwood untuk head unit. Sedangkan untuk speaker ada Venom, Focal, Genesis, ScanSpeak. Subwoofer sendiri ada JBL, Rockford, dan DLS, serta masih banyak lagi.

Saran Otomania, baiknya ajak kerabat yang mengerti mengenai audio, untuk mencegah hal negatif yang tidak diinginkan. Kemudian lakukan survey terlebih dahulu terhadap harga audio, dari merek yang diinginkan, untuk membandingkan. Terakhir, jangan ragu untuk menawar, karena siapa tahu bisa mendapatkan produk yang cukup berkualitas, dengan harga yang terjangkau.

Selamat berburu!

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Agung Kurniawan

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa