Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bongkar Fitur Dua Rival, CB150R Vs V-Ixion

Donny Apriliananda - Sabtu, 10 Oktober 2015 | 10:20 WIB

Jakarta, Otomania – Masih soal rivalitas Yamaha V-Ixion dan CB150R, sebelum jauh membahas bagaimana keduanya ditunggangi, Otomania tergelitik merangkum berbagai kelebihan dan fitur yang tersemat pada sepeda motor 150 cc itu. Dua-duanya punya nilai plus yang bisa dijadikan bahan pertimbangan.

Dimulai dari lampu-lampu. Meski sudah mengubah desain lebih tajam, V-Ixion Advance bertahan menggunakan bohlam untuk lampu depan, sein, dan belakang. Sementara Honda memperbaiki penampilan dengan lampu berteknologi LED.

Beranjak ke panel informasi. Keduanya sudah menerapkan teknologi digital dengan tampilan yang sporty. CB150R bahkan sudah full digital, mulai takometer, odometer, tripmeter, jam, sisa bensin, dan speedometer. Sementara V-ixion menyisakan takometer dengan jarum sebagai kombinasi. Sapaan ”Hi Bro” masih menjadi ciri khas unik, namun tidak dilengkapi penunjuk waktu.

Pada setang, New V-Ixion dilengkapi tombol engine cut-off atau untuk mematikan mesin. Di bagian kiri dilengkapi tombol untuk lampu dim untuk dioperasikan sesaat selain tombol lampu dim utama. CB150R tidak dilengkapi dua tombol tersebut.

Yang menarik, kunci kontak CB150R kini diletakkan pada bagian tangki dengan permukaan datar. Sebelumnya, New V-Ixion sudah terlebih dahulu menerapkan tata letak ini untuk memberikan ruang yang semakin padat untuk panel indikator.

Sasis sudah banyak yang tahu, CB150R terkenal dengan model teralis tubular dengan sejumlah kelebihan yang diklaim Honda. Sementara V-Ixion tetap percaya diri rangka Deltabox akan memberikan sejumlah keuntungan.

Bagian bawah mesin V-ixion dilengkapi under cowl, membuat penampilannya lebih tampak padat. Sementara CB150R tidak ada komponen ini, karena rangka teralis sudah cukup membuatnya tampak rapat.

CB150R dilengkapi behel (pegangan tangan) di bagian belakang yang terpisah, menyerupai tanduk. Sementara New V-Ixion tak tampak ada behel, karena pada bodi samping-belakang bagian bawah sudah ada lubang yang berfungsi seperti behel.

Sebenarnya tidak ada yang yang superior di antara keduanya, karena semua fitur relatif berimbang. Kini tinggal calon konsumen menyesuaikan dengan kebutuhan.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa