Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda CB150R Makin Berkarakter Petarung Jalanan

Azwar Ferdian - Jumat, 9 Oktober 2015 | 06:59 WIB

Jakarta, Otomania - StreetFire melekat di belakang nama Honda CB150R. Nama itu tentunya bukan asal nama, namun disesuaikan dengan karakter sepeda motor sport naked ini. Nama StreetFire sudah menjadi satu sejak generasi pertama model ini lahir pada akhir 2012 silam.

PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan versi All-New buat CB150R StreetFire. Mengusung status All-New tentunya tidak hanya sekedar baju yang berubah, tapi model terbaru ini membawa CB150R lebih sempurna dengan pengembangan dari model lama.

Tak ingin menyebutk bahwa Honda mengekor kompetitor, namun perubahan yang diusung CB150R Streetfire ini memang memperbaiki kekurangan model lama, sekaligus menempel kelebihan yang dimiliki sang lawan.

Tengok saja desain tangki bahan bakar yang lebih agresif, dengan lekukan indah mengeluarkan aura sporty lebih. Tutup tangki juga sudah rata, layaknya motor sport. Tidak hanya itu, posisi kunci kontak sudah tidak lagi menempel di speedometer, melainkan ada di ujung tangki. Bila dilihat dari depan, dengan cover sisi tangki, CB150R memang makin tampak berotot.


Setang dibuat lebih pendek dan rendah. Kelebihannya, meskipun pendek dan rendah, pengemudi masih bisa mendapatkan posisi riding agak membungkuk atau bisa juga sedikit tegak, tinggal disesuaikan posisi duduk. Namun gaya berkendara lebih sporty, tanpa meninggalkan efek ergonomis.

Ukuran ban depan 100/80-17 52P dan ban belakang 130/70-17 62P, keduanya memakai jenis Tubeless, dipadu dengan pelek baru dengan palang yang lebih kompleks. Hasilnya memang langsung mendongkrak penampilan. CB150R model pertama yang terlihat kurus, kini sudah makin berisi dengan ban lebih lebar.

Jok memang masih menjadi satu bagian, atau tidak terpisah dengan bagian belakang. Hanya saja, lekukan jok lebih terasa, seakan menjadi pemisah antara pengemudi dan penumpang. Bagian belakang dan sektor knalpot juga berubah yang menutup kesempurnaan All-New dari CB150R StreetFire.

Spesifikasi Honda CB150R StreetFire:

Tipe mesin : 4 Langkah, DOHC - 4 Katup
Kapasitas mesin : 149,16 cc
Sistem Pendingin Mesin : Liquid Cooled with Auto Fan
Suplai Bahan Bakar : PGM-FI
Diameter Langkah : 57,3 x 57,8 mm
Perbandingan Kompresi : 11,3 : 1
Daya Maksimum : 11,8 KW (16,0 PA) / 9000 rpm
Torsi Maksimum : 13,5 Nm (1,38 kgf.m) / 7000 rpm
Ukuran Ban Depan : 100/80-17 52P (Tubeless)
Ukuran Ban Belakang : 130/70-17 62P (Tubeless)
Rem Depan : Cakram Hidrolik
Rem Belakang : Cakram Hidrolik
Suspensi Depan : Teleskopik
Suspensi Belakang : Lengan ayun dengan suspensi tunggal (Pro Link)
Kapasitas tangki : 12 liter
Ketinggian Tempat Duduk : 797 mm
Jarak Terendah ke Tanah : 169 mm

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa