Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ada Mobil Bung Karno Hadiah Sovyet di Kustomfest 2015

Stanly Ravel - Minggu, 4 Oktober 2015 | 07:31 WIB

Yogyakarta, Otomania - Selain sepeda motor kustom, salah satu yang menjadi pemandangan baru di Kustomfest 2015 kali ini adalah hadirnya sosok mobil kuno yang terlihat masih dalam kondisi prima. Adalah, mobil Kepresidenan Republik Indonesia pertama yang menjadi salah satu pusat perhatian di antara deretan kendaraan modifikasi lainnya.

Yanka Limousine 1959 Chica ini pernah menjadi mobil dinas Bung Karno yang didatangkan pada tahun 1961. Mobil ini juga sempat menemani kiprah Bung Karno di kancah politik Indonesia sebelumnya akhirnya disimpan oleh pihak Istana Negara.

"Mobil ini punya salah satu kolektor yang tak ingin disebut namanya. Bukan hanya punya sejarah panjang, tapi mobil ini juga sangat spesial yang dihadiahkan untuk bung Karno dari Khrushchev yang merupakan Presiden Sovyet pada jamannya," ucap Lulut Wahyudi, CEO Kustomfest kepada Otomania di Yogyakarta, (3/10/2015).

Uniknya mobil cuma didesain khusus secara handmade atas permintaan Presiden Sovyet. Desainnya limousine ditunjukan dari tampilan dimensi panjang mobil yang memiliki empat pintu dengan kemudi di sebelah kiri.

"Mobil ini dipesan dan dibuat hanya 10 unit di dunia. Kami menyediakan tempat khusus untuk mobil agar para pecinta otomotif juga mengerti bahwa suatu mobil atau motor pun bisa menjadi bagian dari sejarah dunia," ucapnya.

Sedangkan Bung Hatta, juga pernah menggunakan mobil dinas bermerek Austin yang menjadi mobil dinas hariannya, Kedua mobil ini semuanya masih dalam kondisi orisinil, artinya belum pernah di ubah apapun dari bentuk aslinya.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa