Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Panduan Singkat Ubah Motor Bergaya "Scrambler"

Stanly Ravel - Jumat, 2 Oktober 2015 | 15:32 WIB
http://kak.kaklik.com/editor/basket/edit/30/2/885493
Jakarta, Otomania - Gaya modifikasi old school buat sepeda motor masih cukup banyak diminati. Dari ragam tema yang ditawarkan, konsep Scrambler menjadi yang paling banyak diterapkan.

Melihat secara sejarah, Scrambler merupakan motor jalan raya yang diberikan sentuhan modifikasi agar bisa melintas ke berbagai medan. Jadi jangan heran bila melihat kaki-kaki aliran Scrambler rata-rata cukup berotot.

Bagi yang sedang ingin memodifikasi motor dengan tema Scrambler ini, ada sedikit bocoran dari Donny Batak Hantu Laut mengenai acuannya. Hal ini bisa pun bisa dijadikan sebuah modal dasar untuk mengembangkan konsep Scrambler yang akan diterapkan.

"Sebelum memulai setidaknya harus tau dulu apa yang disebut Scrambler. Setelah itu sesuaikan dengan motor yang akan menjadi bahan untuk pengaplikasian, sedangkan masalah kapasitas mesin lebih baik diatas 125 cc," ujar Donny kepada Otomania.

Langkah awal dalam semua modifikasi memang dimulai dari pemahaman konsep sampai jenis motor yang akan dimodif. Untuk Scrambler pilihan motornya yang jelas motor laki (batangan) dengan kapasitas mesin mulai dari 125 cc ke atas. Atau bisa juga mengambil langkah upgrade mesin dengan kapasitas yang lebih besar, tapi konsekuensinya tentu banyak biaya yang akan dikeluarkan.

Selesai dengan urusan mesin, tinggal proses. Tapi ada baiknya pemilik motor memiliki acuan atau gambaran ingin seperta apa model Scramblernya. Karena saat ini banyak pengembangan dari modifikasi Scrambler, ada yang konsep klasik ada pula yang sudah modern dengan mengendapnkan perangkat plug and play.

Beberapa keunikan dari scramble adalah memiliki rangka yang pendek, jok single, pipa knalpot yang melingkar ke atas dan kaki-kaki yang besar layaknya motocross. Dari tahap ketiga ini, jelas tampilan motor standar akan berubah total.

Mulai dari perubahan tangki menjadi lebih ramping atau akrab disebut model kacang, sampai pemotongan sasis untuk meyesuaikan konsep. Tapi Donny mengangap hal ini tidak seberapa ekstrim bagi orang yang benar-benar pecinta modifikasi.

Bila tidak ada kendala tinggal meneruskan dengan menganti kaki-kaki seperti pelek dan ban dengan dimensi yang lebih besar biasanya dengan ukuran ban 120/90 18 inci. Selain itu pipa knalpot juga di custom dengan model ke atas mengikuti konsep scrambler pada umumnya.

"Kalau mau mengikuti konsepnya yang memang begitu. Tapi kita pastikan lagi, motor ini setelah dimodifikasi akan digunakan harian atau hanya untuk gaya. Kalau harian maka fungsi-fungsi utama sampai segi safety kita pertahankan agar tetap nyaman. Masalah biaya relatif, tidak bisa ditentukan dari awal," ucap Batax sapaan akrab Donny.

Tahapan proses modifikasi memang tak semudah dengan gambar yang dilihat, lanjutnya, akan ada pengembangan dari sisi lain. Mulai dari permainan warna sampai dengan memberikan ciri unik yang agar terlihat berbeda dari modifikasi scrambler lainnya, dan ini menjadi tahap akhir.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa