Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Scorpio "Scrambler Style" Belasan Juta Rupiah

Stanly Ravel - Kamis, 30 Juli 2015 | 18:06 WIB
Jakarta, Otomania - Menjamurnya tren modifikasi ala scrambler diikuti oleh para modifkator lokal. Sejatinya modifikasi scrambler lahir dari street bike yang dimodifikasi untuk dapat melintas ke berbagai medan. Bila melihat dari fungsi tak berbeda jauh dengan dirt bike.

Banyak konsep dari scrambler yang bisa diaplikasi. Semuanya juga tergantung selera dari modifikator dan pemilik motor. Salah satu tukang modif yang sedang kencang menangani jenis modifikasi ini adalah Hantu Laut, yang markasnya ada di H Nawi, Jakarta Selatan.

"Trennya sekarang sedang di scrambler dan tracker. Orang sering kesini minta modifikasi ini," ucap Donny saat disambangi Otomania, (29/7/2015).

Salah satu buah karya modifikasi scrambler yang baru digarapnya adalah Yamaha Scorpio 2006 asal Bandung. Konsep dan tampilannya diambil mengikuti basic ala scambler klasik.

Tampilan fisiknya lebih minimalis serta model papan nomer pada samping kiri-kanan yang juga berfungsi untuk menutupi kabel serta aki. Selain itu ciri khas lainya juga diperkuat dengan knalpot Custom yang melintang di bagian sisi kanan bodi.

"Untuk pengerjaan semuanya serba custom alias bikin sendiri. Mulai dari tangki, jok, spatbor, dan rangka. Kalau untuk variasi baru ditambahkan komponen aftermarket lain," ucap modifikator yang akrab disebut Batax.

Secara keseluruhan modifikasinya ini digarap dalam waktu hampir satu bulan. Sedangkan pengerjaan paling lama ada saat merakit beberapa part yang dibuat secara handmade, serta detail finishing. Tangki dan jok yang dibuatnya mengikuti konsep scrambler, karena jaraknya harus persisi. Selain itu spatbor belakang juga dibentuk mengikuti jok single seater.

Beberapa perlengkapan penunjang dilakukan memanfaatkan produk aftermarket. Seperti lampu set aftermarket dari Thailand, mulai sein depan-belakang, lampu depan, dan stoplamp. Sok depan depan mengadopsi milik Yamaha Byson yang lebih kekar, sedangkan untuk belakang diimbangi dengan peredam kejut keluaran YSS. Begitu juga dengan setang dan spidometer ala dirt bike yang biasa digunakan pada modifikasi scrambler.

Masuk ke kaki-kaki. Ciri dari scrambler sendiri memiliki tekstur ban kasar dengan dimensi besar. Karena itu pelek berdimensi 2.50/18 dilekatkan pada bagian depan bersama dengan ban keluaran Swallow 120/90 18 inci. Untuk bagian belakangnya, menggunakan pelek lebih besar, 3.50/18 dengan ban Swallow 130/80 18 inci.

Untuk membuat Yamaha Scorpio scrambler style ini kurang lebih menghabiskan dana Rp 18 juta. Tapi harga ini sudah termasuk dengan motornya.

"Total keseluruhan Rp 18 juta. Ini sudah termasuk dengan harga motornya, karena kita beli motor bekas untuk membangunnya," ucap Batax.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa