Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Menakar Biaya Modifikasi Stiker Bodi

Stanly Ravel - Kamis, 25 Juni 2015 | 03:03 WIB
Jakarta, Otomania - Permainan stiker pada bodi kerap menjadi alternatif sekaligus solusi bagi mereka yang punya budget minim untuk mengubah penampilan mobil. Memang, biaya yang dikeluarkan untuk memodifikasi bodi dengan stiker jauh lebih murah ketimbang harus mengecat, selain itu juga lebih variatif karena bisa didesain lewat komputer. Tapi, berapa sebenarnya dana yang dibutuhkan, simak penelusuran berikut ini.

"Untuk harga tidak ada perbedaan antara bahan glossy dengan doff. Cuma tergantung media atau dimensi mobil, serta tingkat kesulitanya saja," ungkap Iman, dari Pacman Sticker kepada Otomania di Kemayoran, Selasa (23/6/2013).

Untuk mobil hatchback, seperti Jazz, Yaris, Mazda2, atau Kia Rio, biaya yang dikeluarkan untuk stiker full body (wrapping) berkisar antara Rp 2,8 juta sampai Rp 3 juta. Sedangkan untuk media yang lebih besar, seperti jenis multi purpose vehicle (MPV) seperti Mobilio, Avanza, Xenia, Ertiga, dan Spin dikenakan biaya mulai dari Rp 3,3- Rp 3,5 juta.

Pilihan jenis stiker juga cukup beragam, mulai scotchlite, ritrama, oracal, glitter, dan D-Cifix. "Ada lagi yang lebih mahal, bahan dan warna khusus. Permukaan bahannya terdiri dari material hair lane seperti serat. Kalau pakai ini untuk mobil kecil full body saja kena Rp 10 juta," ucapnya.

Stiping

Pilihan lain memodifikasi mobil dengan stiker juga bisa dilakukan dengan permainan striping body. Menurut Imam, striping bisa menjadi salah satu alternatif untuk memodifikasi mobil dengan tampilan minimalis.

"Striping saja lebih murah, selam itu hanya bermain garis, bukan grafis. Biaya sekitar Rp.600.000 untuk bodi kiri-kanan. Kalau grafis lebih mahal, karena ada proses desainnya terlebih dahulu sebelum diaplikasi ke mobil," ucapnya.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa