Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Komponen Mercy Lawas yang "Penyakitan"

Ghulam Muhammad Nayazri - Sabtu, 26 September 2015 | 09:01 WIB

Jakarta, Otomania - Beberapa keluhan dialami pemilik mobil asal Eropa seperti Mercedes-Benz yang sudah berusia lawas. Komponen yang sering kali mengalami masalah adalah sektor kaki-kaki dan temperatur mesin.

Seperti dijelaskan Adrianto Himawan kepada Otomania, Jumat (25/9/2015), pemilik bengkel spesialis Mercy De Techniker Garage, berlokasi di Jalan Dermaga Raya Nomor 98 Jakarta Timur. Keluhan tersebut kerap terjadi di Mercy yang sudah berusia cukup lama.

"Keluahannya untuk keluaran 2000 ke atas, biasanya hampir sama seperti Mercy lama. Namun itu bukan dari pabrikan tapi memang ada faktor penyebabnya, jadi bisa diantisipasi," ujar Himawan.

Kerusakan pada kaki-kaki khususnya suspensi, kata Himawan, disebabkan oleh seringnya melalui kondisi jalan rusak, cara berkendara kasar dan yang terbanyak karena efek pemakaian pelek di luar standar. Jika begitu, usia komponen suspensi akan cepat rusak, khususnya di bagian tie rod dan ball joint.

"Salah satu penyakit yang tidak bisa dihindari, selain durabilitasnya yang semakin menurun seiring kendaraan digunakan, ditambah lagi dengan kondisi jalan yang kurang bagus dan dengan pemakaian pelek di luar standar. Kondisi Itu sangat mempengaruhi," ujar Himawan.

Himawan menambahkan, sementara untuk temperatur sendiri, biasanya karena perawatan pemilik kendaraan kurang telaten. Seperti misalnya tidak memperhatikan, kondisi air pendingin dan oli mesin yang tidak pernah diperhatikan.

"Jika sudah bisa dengan apik memperhatikan penyebab kerusakan yang umumnya terjadi, dan menghindarinya, maka mobil akan baik dan nyaman digunakan. Kemudian juga tidak harus mengeluarkan dana lebih untuk servis komponen yang seharusnya bisa ditunda, Jadi bisa saving money," ujar Himawan.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa