Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pertolongan Pertama Saat Mobil Mogok

Ghulam Muhammad Nayazri - Sabtu, 19 September 2015 | 10:18 WIB

Jakarta, Otomania -
Banyak pengendara yang malah panik ketika mengalami mogok di jalan. Usahakan jangan panik dan lakukan hal-hal berikut untuk mengetahui kondisi kendaraan. Gesang Pranoto, Foreman Teknisi Auto2000 Cempaka Putih mencoba berbagi tips menghadapi kondisi mobil mogok di jalan.

Setidaknya ada beberapa hal yang bisa dilakukan ketika dalam kondisi semacam ini, jangan hanya panik. Hal pertama yaitu deteksi sebab-sebab kendaraan mogok dari sisi kelistrikan (aki).

“Cek tegangan aki dengan alat pengukur listrik atau bisa dengan mengetes komponen mobil yang membutuhkan listrik, seperti klakson salah satunya. Tekan tombol klakson, dan periksa kondisinya, menyala normal atau tidak,” ujar Gesang, Jumat (18/9/2015).

Apabia aki ternyata masih baik, lanjut Gesang, cek indikator suhu mesin, apakah menunjukkan adanya peningkatan suhu. Kalau ternyata panas, buka kap mesin dan periksa kondisi air radiator, apakah volume airnya sudah sangat menipis. Ingat jangan buka penutup air radiator saat kondisi mesin masih panas.

“Tambahkan air radiator jika memang sudah mengering isinya. Karena bisa jadi mobil mogok karena memang suhu mesin yang berlebihan,” ujar Gesang.

Gesang menambahkan, jika memang karena mesin panas, cukup dengan diamkan kendaraan beberapa saat hingga suhu turun. Isi air radiator sampai batas maksimal, kemudian coba nyalakan mesin.

“Diamkan kendaraan sekitar 30 menit dan isi air radiator. Jika sudah menyala, jangan lupa untuk langsung periksakan kendaraan di bengkel terpercaya untuk penyelesaian selanjutnya,” kata Gesang.

 Jika cara tersebut tidak membuat mobil hidup kata Gesang, hubungi call center bengkel resmi, atau asuransi untuk dilakukan penindakan.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa