Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

"Airbag", Penyelamat tapi Juga Bisa Bikin Cedera

Ghulam Muhammad Nayazri - Senin, 14 September 2015 | 14:53 WIB

Jakarta, Otomania -
Supplemental Restrain System Airbag (kantung udara SRS) merupakan alat keselamatan tambahan bagi pengemudi dan penumpang, ketika mobil mengalami benturan. Namun, jangan sangka mengembangnya kantung udara tidak memberikan dampak apa-apa. Ada efek lain yang ditimbulkan bila kantung udara mengembang.

Gesang Pranoto, Foreman Teknisi Toyota Auto2000 Cempaka Putih mengatakan, efek yang ditimbulkan oleh mengembangnya airbag setidaknya ada tiga, yaitu memar dan lecet pada wajah, iritasi mata serta sesak nafas sementara karena asap putih letupan. Namun ada risiko yang lebih parah yakni patah tulang leher.

"Airbag mengembang biasanya ketika dalam posisi kecepatan yang cukup tinggi agar fungsinya efektif, melindungi penumpang saat benturan terjadi. Selain itu juga perlu disadari efek yang ditimbulkan, karena tenaga letupannya yang cukup keras," ujar Gesang, Senin (14/9/2015).

Efek tersebut, lanjut Gesang, dialami ketika airbag mengembang pada saat mobil membentur benda lain pada kecepatan 100 kmj. "Kontak penumpang dengan airbag pada kecepatan seperti itu, tidak menutup kemungkinan munculnya efek samping yang disebutkan tadi," ujar Gesang.

Gesang menambahkan, terkait dengan efek patah tulang leher yang terjadi, penyebabnya selain karena letupan airbag, tapi juga karena posisi duduk yang tidak benar, lebih lagi saat sabuk pengaman tidak digunakan.

"Posisi duduk cukup mempengaruhi efek dari mengembangnya airbag. Jadi pastikan posisi duduk dengan normal, tidak terlalu maju. Kemudian jangan sekali-sekali menempakan anak kecil di bangku bagian depan," ujar Gesang.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa