Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Siap-siap, Harga Mobil Toyota Naik lagi

Azwar Ferdian - Senin, 14 September 2015 | 10:44 WIB

Jakarta, Otomania - Situasi ekonomi yang belum stabil, dan nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (AS) yang terus melemah, membuat produsen mulai ambil ancang-ancang menaikkan harga jual. Kondisi ini sudah diamini PT Toyota Astra Motor (TAM), yang tengah bersiap menaikkan banderol model-model andalannya dalam waktu dekat.

Toyota mengaku saat ini masih memakai acuan lama yakni saat dollar AS berada di angka Rp 13.000. Sementara nilai tukar rupiah terhadap dollar AS tercatat sudah berada di level Rp 14.233.

"Saat ini, acuan dollar (AS) kami masih di bawah Rp 13.000, jadi memang butuh penyesuaian lagi," kata Rahmat Samulo, Direktur Pemasaran TAM kepada Otomania, Jumat (11/9/2015).

Bila Toyota menaikkan harga jual produk dalam waktu dekat, maka dipastikan akan langsung berpengaruh di pasar otomotif. Pasalnya, ketika pimpinan pasar menaikan harga, tentu merek-merek lain di sekelilingnya juga bakal melakukan hal serupa.

"Kalau situasi dollar AS tetap seperti ini, penyesuaian harga tidak bisa dihindarkan. Cuma berapa kenaikan dan kapan dilakukan, ini masih belum kami tentukan," ucap Samulo.

Satu hal yang ditekankan Samulo, meski lonjakan dollar AS cukup jauh dari acuan yang ditetapkan perusahaan, namun seluruh depresiasi ini tidak mungkin dibebankan langsung pada konsumen. Seluruh perhitungan harga baru akan dibicarakan oleh semua pihak terkait, mulai dari bagian produksi sampai pemasok.

"Tentu kami bicarakan dengan seluruh pihak, kami juga menjaga supaya kenaikan tidak terlalu menggangu daya beli konsumen, semua disesuaikan yang terbaik," kata Samulo.

Editor : Azwar Ferdian
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa