Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Empat Teknologi yang Jadi Andalan Ecopia

Ghulam Muhammad Nayazri - Kamis, 10 September 2015 | 09:07 WIB

Padang, Otomania 
– PT Bridgestone Tire Indonesia (BSI) menyebut Ecopia sebagai produk andalannya. Ban ini diklaim punya banyak kelebihan yang berujung pada efisiensi bahan bakar. Bridgestone ternyata sudah merancang Ecopia sejak 20 tahun lalu, akhirnya produk ini berhasil diproduksi secara besar-besaran.

“Setelah mengalami perjalanan panjang, ban yang bisa memberikan manfaat bukan hanya bagi penggunanya, tapi juga bagi lingkungan. Ban ini akhirnya bisa dimiliki masyarakat. Ada dua tipe, yaitu Ecopia EP150 dan Ecopia MPV-1,” ujar Herry Maylanda, Consumer Product Planning BSI, Selasa (8/9/2015).

Herry mengatakan, asal kata Ecopia yaitu Ecology dan Utopia yang mewakili Bridgestone dalam berkontribusi mencegah pemanasan global, dengan disematkannya teknologi yang inovatif. “Save Fuel dan Go Green adalah tujuan yang kami bebankan pada Ecopia,” ujar Herry.

Lebih dari itu, tambah Herry, Spesifikasi teknologi yang ditanamkan dalam produk andalan Bridgestone, Ecopia, yaitu pada desain pola tapak ban. Ini mampu meningkatkan kinerja rolling resistance coefficient (RRC), wet brake, dan wear life.

Teknologi Ecopia

Setidaknya ada empat teknologi yang ditanamkan pada produk Bridgestone Ecopia. Pertama yaitu rib-linked blocks yang memberikan respons luar biasa ketika kendaraan di rem. Keseragaman kontak area antara telapak ban dan permukaan jalan dapat meningkatkan pengereman di jalan yang basah.

Kedua, optimize 3D block shape, desain ini mempu meminimalkan hilangnya kontak ban dengan permukaan jalan. Ketiga, ecopia compound, berfungsi untuk memperbaiki rolling resistance. Lalu, weight-optimization yang dapat mengoptimalkan keseimbangan masing-masing bahan, untuk bisa bersama-sama memperbaiki RRC, tetapi tetap mempertimbangkan daya tahan ban.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa