Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Beda Harga Avanza Baru dan Lama sampai Rp 35 Juta

Ghulam Muhammad Nayazri - Sabtu, 15 Agustus 2015 | 07:35 WIB

Jakarta, Otomania
– Toyota meluncurkan Grand New Avanza dan Veloz dengan harapan mampu mendongkrak penjualan. Masalahnya, model baru ini lahir dalam kondisi sulit, ketika daya beli konsumen menurun, pasar otomotif tengah lesu, dan stok industri menumpuk.

Situasi serupa juga dihadapi oleh model lawas Avanza dan Veloz, sehingga memaksa Toyota Indonesia untuk tetap kompetitif bersaing di pasar dengan rival, salah satunya lewat program diskon. Kondisi ini juga yang kini harus dihadapi, ketika Grand New Avanza dan Veloz diluncurkan, sehingga memicu terjadi perbedaan harga pasar yang cukup besar jika dibandingkan model sebelumnya.

Biyouzmal, Branch Manager Auto2000 cabang Pramuka, mengaku, karena program diskon pada model lawas, rentang perbedaan harga pasar dengan Grand New Avanza dan Veloz yang baru diluncurkan terpaut antara Rp 30 juta sampai Rp 35 juta. Situasi ini tentu berpotensi memberatkan calon konsumen, khususnya yang masih tertekan kondisi perekonomiannya.

“Iya, memang dari price list (harga resmi) perbedaan harga yaitu sekitar Rp 10 juta sampai Rp 15 juta, namun karena ada diskon yang diberikan terkait program run out (penghabisan stok) sebesar Rp 15 juta sampai Rp 20 juta, perbedaan harga kenyataannya di lapangan jadi cukup besar,” ujar Biyouzmal kepada Otomania, Jumat (14/8/2015).

Namun, Biyouzmal berdalih, perbedaan harga pasar yang ada dengan Avanza lawas terjadi karena program khusus run out. Meski terpaut cukup jauh, namun Biyouzmal yakin kalau harga baru yang ditawarakan Grand New Avanza dan Veloz cukup pantas. Pasalnya, perubahan yang terjadi relatif signifikan, mulai dari tambahan fitur, mesin, sampai desain baru. Ia bahkan berani menantang konsumen untuk merasakan sendiri perbedaan dengan model sebelumnya.

Stok lawas
Di sisi lain, Biyouzmal menambahkan, sampai kini sisa stok Avanza lawas yang masih terdapat di diler Auto2000 hanya tersisa satu varian, yakni Veloz 1.5 L AT. Jumlahnya juga tidak banyak, hanya 150 unit, dan pihaknya yakin sisa stok akan ludes dalam waktu singkat.

“Stok yang tersisa hanya satu tipe Veloz dan tersebar di beberapa cabang di Jabodetabek. Diperkirakan stok tersebut akan habis sekitar satu sampai dua bulan lagi. Selanjutnya kami akan berharap banyak dari penjualan Grand New Avanza dan Veloz yang baru,” ujar Biyouzmal.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa