Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kesan Pertama Mengendarai Grand New Veloz

Ghulam Muhammad Nayazri - Jumat, 14 Agustus 2015 | 18:55 WIB

Jakarta, Otomania
– Auto2000 sebagai diler Toyota mengadakan kegiatan test drive kepada calon konsumen Grand New Avanza dan Veloz di Parkir Timur Gelora Bung Karno, selama tiga hari, mulai Jumat (14/8/2015) sampai Minggu (16/8/2015) . Jika berminat, konsumen bisa langsung melakukan pemesanan langsung di tempat ini.

Dalam acara ini, Otomania mendapatkan kesempatan untuk menjajal produk terbaru Toyota, meski dalam waktu yang singkat dan ruang terbatas. Grand New Veloz 1.3L transmisi manual jadi pilihan panitia untuk bisa dijajal. Tipe ini menjadi varian baru Veloz, karena pada model sebelumnya cuma dipasarkan dengan pilihan mesin 1.5L.

Kesan pertama dirasakan Otomania ketika mulai duduk, bangku terasa lebih nyaman dan nampaknya cukup mumpuni dalam perjalanan jarak jauh. Ketika pintu ditutup suara benturan pintu dan body terasa lebih mantap, berbeda dengan model sebelumnya. Sebelum mulai jalan, posisi berkendara dibuat ideal dengan mengubah posisi duduk, bangku bisa disesuaikan maju dan mundur, membuat kaki lebih nyaman ketika mengemudi.

Saat menyalakan mesin, suara deru mesin hampir tidak terdengar di bagian dalam kabin, tentunya pada posisi pintu dan jendela tertutup rapat. Suasanya interior terasa senyap. Ketika jendela dibuka, suara mesin dengan teknologi Dual VVT-i juga terdengar lembut, tidak terlalu mengganggu suasana di dalam kabin. Bisa jadi kondisi tersebut karena tambahan peredam pada bagian kap mesin dan body. Fitur keamanan Front Passenger Seat Belt Warning cukup sensitif ketika seat belt tidak dikancingkan.

Tidak sabar untuk mengajaknya jalan, kopling mulai diinjak dan transmisi dipindahkan dari posisi netral ke gigi satu, dan mesin memberikan respon cukup baik. Perpindahan transmisi dar gigi satu ke gigi dua juga dirasakan lembut. Pada satu kesempatan di trek lurus terbatas, dengan jarak kurang dari 100 meter, kecepatan sempat dipacu hingga 40 kpj, namun hanya sampai pada gigi dua, dan cukup terasa tarikannya.

Kemudi dirasa cukup ergonomis dan terasa pas ketika digenggam, sehingga akan nyaman ketika berkndara. Kemudian ketika melalui trek zig-zag pada kecepatan sekitar 25 sampai 30 kpj, handling bisa dikendalikan dengan baik.

Kesan yang paling terasa, yaitu ketika kendaraan melalui trek bergelombang atau tidak rata, suspensi terasa nyaman dan kemudi tidak bergetar dan hilang kendali (stabil). Data teknis menyebutkan produk terbaru ini disematkan Comfortable Strut dan suspensi belakang dengan coil spring yang diklaim bisa meningkatkan stabilitas dan kenyamanan. Kesempatan singkat tersebut memang belum cukup untuk bisa merasakan semua sensasi Grand New Avanza Veloz, namun kencan pertama ini cukup membuat jatuh hati.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa