Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Suzuki Baleno Terlahir Kembali sebagai "Hatchback"

Agung Kurniawan - Minggu, 9 Agustus 2015 | 09:09 WIB
No caption
No credit
No caption
Frankfurt, Otomania – Suzuki Motor Corporation siap menghidupkan kembali sedan Baleno andalannya. Dengan sedikit pelintiran, Baleno akan terlahir kembali sebagai hatchback, diperkenalkan perdana di dunia, pada ajang Frankfurt Motor Show, 15 September 2015.

Baleno bukan nama yang asing di telinga konsumen Indonesia. Suzuki pertama kali memasarkan Baleno dalam wujud sedan mini, menggendong mesin 1.5 liter, mulai pertengahan 1996. Bahkan, generasi pertama Baleno masih banyak berkeliaran di jalan-jalan kota besar Indonesia.

Kali ini, Suzuki mencoba menghidupkan kembali Baleno dengan strategi yang berbeda. Sudah terbukti "gape" di segmen mobil kompak, Suzuki memperkecil dimensi Baleno sehingga terlihat lebih kompak, justru membuatnya terasa menyegarkan.

Baleno generasi baru ini merupakan versi produksi dari konsep iK-2 yang sempat dipamerkan di Geneva Motor Show, Maret lalu. Sosok konsep ini sudah dilihat langsung oleh redaksi Otomania ketika berkunjung ke pameran otomotif terbesar di Swiss tersebut.

Menariknya, spesifikasi teknis yang disampaikan pada konsep iK-2, sama dengan apa yang bakal ditawarkan Baleno baru, yakni mesin 1.000 cc BOOSTERJET direct injection turbocharged, yang diklaim memiliki konsumsi bahan bakar efisien. Dimensinya juga tak berubah, sama seperti konsep, yakni panjang 4.023 mm, lebar 1.920 mm, tinggi 1.450 mm dan jarak sumbu roda 2.520 mm. Desain bodi iK-2 ini terlhat landai dengan banyak lekukan pada bodi.

Memang Baleno baru baru akan diluncurkan di Frankfurt, Jerman pertengahan September mendatang. Tapi, Suzuki Indomobil Sales (SIS) berencana memboyong konsep iK-2 di pameran otomotif di Tangerang, 20 Agustus mendatang. Sepertinya, bisa terbaca maksud dan tujuan Suzuki menampilkan konsep ini di Indonesia.

Jadi, jangan kaget kalau 2016 Baleno hatchback juga akan dipasarkan di Indonesia!

Editor : Agung Kurniawan
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa