Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sepuluh Langkah Aman Berkendara di Jalan

Ghulam Muhammad Nayazri - Jumat, 7 Agustus 2015 | 18:15 WIB

Jakarta, Otomania
- Berkendara aman dan nyaman memang masih belum dianggap jadi prioritas utama masyarakat saat ini. Buktinya, masih banyak terjadi kecelakaan di jalan yang disebabkan faktor kelalaian manusia. Setidaknya, setiap jam terdapat tiga sampai tujuh kali korban kecelakaan di seluruh Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Trainer Jakarta Defensive Driving Center JDDC, Boy Falatehansyah, saat memberikan materi pada program Ford Driving Skills For Life bersama rekan media di JIExpo, Kamayoran, Jumat (7/8/2015).

"Referensi kita suka salah kaprah mengenai keselamatan berkendara sehingga masih banyak yang salah bersikap dalam berperilaku berkendara," ujar pria yang mengenyam pendidikan safety driving di Inggris ini, Jumat (7/8/2015).

Boy mengatakan, setidaknya ada sepuluh tips Ford Driving Skill for Life yang bisa digunakan sebagai upaya untuk bisa berkendara dengan aman dan nyaman. Sepuluh poin-poin tersebut diantaranya.

1. Selalu kenakan sabuk pengaman dalam berkendara.

2. Sesuaikan kaca spion samping dan belakang untuk mendapatkan pandangan yang jelas dan menghindari titik-titik ind spot

3. Mengemudi dengan tenang dan antisipasi situasi lalu lintas.

4. Tetap fokus, seperti tidak menggunakan ponsel saat berkendara atau melakukan hal-hal lain selain mengendarai kendaraan.

5. Pertahanan jarak aman tiga detik antar kendaraan.

6. Gunakan momentum kendaraan untuk penghematan penggunaan bahan bakar.

7. Matikan mesin bilamana memungkinkan. Hal tersebut dilakukan pada saat kendaraan dalam kondisi berhenti total misalnya dengan tidak bergerak selama lebih dari 20 detik.

8. Periksa tekanan angin ban dan sesuaikan dengan anjuran yang ditetapkan pabrik. Informasi tersebut biasanya tertera pada bagian dalam pintu depan mobil.

9. Hindari membawa beban berlebihan karena akan membuat kerja mesin semakin berat, dan handling menjadi sulit.

10. Sesuaikan pergantian gigi, dan mengemudilah dengan kecepatan mesin rendah dengan rentang ideal 1.500 rpm sampai 2.500 rpm.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa