Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Detail Perubahan All New CB150R StreetFire

Ghulam Muhammad Nayazri - Kamis, 6 Agustus 2015 | 11:21 WIB

Jakarta, Otomania – PT Astra Honda Motor (AHM) berharap banyak pada model terbarunya, All New CB150R StreetFire. Kali ini, Otomania akan membahas, apa saja sih, sajian "menu" yang ditawarkan sepeda motor sport "naked" 150 cc jika dibandingkan model sebelumnya.

Margono Tanuwijaya, Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM) mengatakan, hadirnya produk terbaru All New Honda CB150R di jejali dengan mesin berteknologi terbaru dan diharapkan akan bisa memenuhi harapan konsumen.

“Selain itu, naked sport terbaru ini membuat kami semakin optimis untuk dapat melawan kompetitor (Yamaha V-Ixion) dan unggul di segmen mid-sport. Maka dari itu kita keluarkan All New CB150R Streetfire ini dengan perubahan besar dari sebelumnya,” ujar Margono, Rabu (5/8/2015).

Mesin

Poin pertama ubahan yang terjadi pada StreetFire adalah sektor mesin. Jantung pacu ini dijamin AHM sudah lolos standar emisi Euro III dengan sistem suplai bahan bakar injeksi. Mesin ini mengalami penurunan kapasitas mesin, lebih kecil 0,32 cc dari yang sebelumnya 149,48 cc menjadi 149,16 cc. Perbandingan kompresinya 11,0:1, idealnya tidak mengonsumsi Pertalite (RON 90), tetapi wajib Pertamax (RON 92).

Tenaga yang dihasilkan mencapai 16,6 tk (12,4 KW) pada putaran mesin 9.000 rpm dan torsi 13,8 Nm pada 7.000 rpm. Lewat komposisi ini, klaim tarikan bawah StreetFire diklaim akan terasa lebih "galak" dari model sebelumnya. Mesin juga dikawal oleh radiator canggih dengan kipas elektronik otomatis menyala di suhu 103° C yang mampu menjaga temperatur konsisten di seluruh bagian mesin.

Desain

Fokus ubahan kedua, adalah pada bagian desain keseluruhan bodi StreetFire. Paling kontras, adalah bentuk lampu depan yang terlihat lebih tajam, posisi lebih rendah, sehingga terkesan lebih merunduk. Pusat penerangan utama dan sein sepeda motor ini sudah menggunakan LED, diklaim lebih panjang usia pakai, lebih terang, dan hemat energi.

Speedometer sudah full digital yang futuristik dan fungsional, menampilkan informasi yang lengkap seperti kecepatan, putaran mesin, jam digital dan trip meter. Kemudian selain posisinya yang diubah bergeser ke bagian atas tangki, lubang kunci kontak juga lebih aman dengan sistem penguncian berpenutup magnet, yang otomatis menutup saat setang dikunci.

Desain tanki juga dibuat lebih berkarakter gagah dari sebelumnya dan memiliki kapasitas 12 liter. Ubahan dibagian belakang terlihat pada pegangan belakang dengan model terpisah, sehingga lebih sporty dan nyaman digunakan.


Rangka

Pada bagian rangka sendiri mengalami perubahan kualitas, dari sebelumnya InnovativeTruss Frame, untuk tipe terbaru ini dilengkapi dengan rangka New Truss Frame yang di klaim memiliki rigiditas dan fleksibilitas yang lebih baik. Kemudian rangka teralis dengan penyangga mesin dari bahan aluminium ini dirancang khusus untuk menunjang mesin dan menghasilkan kestabilan, kelincahan serta kenyamanan berkendara.

Kemudian perubahan yang cukup jelas terlihat dibanding produk CB150R sebelumnya yaitu kaki-kaki yang membesar, dengan ukuran ban depan  100/80-17 52P dan belakang 130/70-17 62P, membuatnya lebih kekar dari model sebelumnya.

Improvisasi juga dilakukan pada lengan ayun dengan kawalan suspensi tunggal (Sistem Pro-Link). Pada sistem pengereman menggunakan sistem rem cakram pada kedua rodanya (front and rear disk-brake)untuk memberikan keamanan yang lebih optimal.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa