Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Penyebab Mesin Mobil Susah Menyala

Aris F Harvenda - Rabu, 5 Agustus 2015 | 13:55 WIB
Jakarta, Otomania – Pengguna mobil terkadang dihadapkan pada situasi sulit menyalakan mesin kendati telah kali mencoba starter berulang kali. Indikasi tentunya mengarah pada adanya kerusakan. Jangan langsung putus asa, coba lakukan beberapa pemeriksaan.

Mekanik dan juga pemilik bengkel GT 25 Auto Service, Gatot Hirawilasa, yang berada di Jalan Kavling 1 Blok D, No.25, Cipayung, Jakarta Timur, mengatakan, biasanya jika mesin mobil tidak menyala, ada dua komponen yang harus diperiksa.

Pertama periksa kondisi aki. Karena, bisa jadi performa aki sudah menurun akibat masa pakai yang mendekati waktu penggantian. Biasanya terjadi pada usia aki yang mencapai 1 tahun lebih.

“Aki yang umurnya sudah 1 tahunan biasanya tingkat kelistrikannya sudah mulai melemah. Ada baiknya aki selalu rutin diperiksa, apalagi bila kendaraan yang masih menggunakan aki basah,” saran pria yang akrab disapa Om GT, seperti ditulis KompasOtomotif, Rabu (5/8/2015).

Kekuatan aki juga dapat dilihat dari pemilik melakukan perawatannya. Jika selalu dirawat, maka aki tersebut bisa ada yang bertahan hingga dua tahun.

Kedua, mesin mobil yang tidak bisa menyala bisa disebabkan oleh suplai bahan bakar atau udara yang kurang. Artinya, terjadi masalah pada sistem injektor atau saringan udara.

“Biasanya hanya dua hal itu saja. Apabila kedua komponen itu normal maka mesin mobil bisa dengan mudah menyala,” kata Gatot.

Editor : Aris F Harvenda

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa