Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yuk, Hitung Angka Kenyamanan kalau Ganti Pelek

Agung Kurniawan - Minggu, 2 Agustus 2015 | 10:23 WIB
Jakarta, Otomania - Pelek bisa dikategorikan sebagai bagian favorit pada mobil untuk diubah selain sistem audio. Dengan mengubah pelek bawaan pabrik, tampilan mobil andalan jadi semakin "ciamik", lebih kekar atau menyesuaikan dengan aliran modifikasi yang memang sudah disiapkan.

Jayaban Autofashion (JB) di MGK Kemayoran, Jakarta Pusat berbagi soal mengganti standar dengan ukuran lebih besar dipastikan akan berpengaruh pada tingkat kenyamanan berkendara. Besar ukuran, menentukan seberapa besar level kompromistis pemilik mobil.

Nah, sebelum Anda menentukan akan mengganti pelek standar dengan produk aftermarket, ternyata ada perhitungan matematis untuk mengetahui tingkat kenyamanan pelek dan ban, lewat indeks ketebalan. Perhitungan ini relatif sederhana dan bisa dipelajari dalam waktu singkat. Kelebihannya lagi, Anda jadi bisa dengan mantap menentukan pilihan ukuran pelek dan ban kalau mau tampil lebih trendi.

Misalnya, Honda New City standar yang dibekali pelek 15 inci, ukuran ban 195/55/15. Jika ingin mengganti pelek lebih besar, maka terjadi juga perubahan pada indeks ketebalan ban yang berujung pada ukuran tingkat kenyamanan. Patokannya, pelek 15 inci dengan ban 195/55/15, berarti indeks ketebalan ban ukuran ini adalah 195 x 55 persen = 107,5. Ini adalah patokan kenyamanan 100 persen.

Lalu saat mengganti dengan pelek 16 inci, ukuran ban 195/50/16. Index ketebalan ban ukuran ini adalah 195 x 50 persen = 97,5. Kenyamanannya akan berkurang menjadi 90,69 persen (97,5 : 107,5 x 100 persen) dari pelek ukuran standar.

Kemudian pelek ukuran 17 inci dengan ban 205/45/17. Index ketebalan ban ukuran ini adalah 205 x 45 persen = 92,25 persen. Kenyamanan akan berkurang lagi menjadi 85,8 persen (92,25 : 107,5 x 100 persen) dari pelek ukuran standar.

Contoh lain, pelek 18 inci dengan ban 215/35/18, index ketebalan ban ukuran ini adalah  215 x 35 persen = 75,25, kenyamanannya tinggal 70 persen dari pelek ukuran standar.

Intinya, dari perbandingan angka ketebalan indeks ban, maka bisa diperkirakan berapa persen kenyamanan mobil yang akan berkurang. Dengan kata lain, semakin besar pelek semakin mengurangi kenyamanan.

Editor : Agung Kurniawan
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa