Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Deteksi Asap "Ngebul" pada Knalpot Sepeda Motor

Ghulam Muhammad Nayazri - Minggu, 2 Agustus 2015 | 09:49 WIB
Jakarta, Otomania – Meski sekarang hampir semua produk sepeda motor baru keluaran pabrik sudah menggunakan sistem asupan bahan bakar injeksi, tapi model konvensional (karburator) masih banyak berkeliaran di jalan. Nah, salah satu kendala yang lumayan sering dihadapi sepeda motor karburator adalah asap "ngebul" pada knalpot. Apa sih penyebabnya?


Gumpalan asap tebal yang keluar dari ujung knalpot biasanya berkaitan erat dengan kondisi ruang pembakaran. Salah satu indikasinya adalah, terjadi masalah yang sering dikenal dengan istilah "busi basah" pada mekanik sepeda motor.

Kondisi ini akan membuat sepeda motor jadi sulit untuk dinyalakan menggunakan starter elektrik maupun yang kick starter. Kondisi busi basah, menurut Agus Safitri, kepala mekanik AHASS Setia Motor Jalan Pemuda, ada yang basah karena bensin dan oli mesin.

“Basahnya tidak hanya karena bensin tapi juga ada yang karena oli mesin, namun tetap efeknya tidak baik bagi mesin sepeda motor. Kami cukup sering menangani kondisi seperti itu, karena masih cukup banyak beredar sepeda motor bebek Honda yang karburator,” ujar Agus, kepada Otomania Sabtu (1/7/2015).

Cara mendeteksinya cukup mudah, tambah Agus, jika asap yang keluar dari knalpot berwarna hitam maka bensin yang rembes, namun jika berwarna putih maka karena oli. Jadi jika melihat kondisi tersebut, lanjut Agus, baiknya langsung periksakan ke bengkel.

“Jika bahan bakar yang membasahi busi bisa disebabkan karena pelampung (float) yang tidak berfungsi dengan baik sehingga kurang maksimal menampung bensin. Sedangkan rembesan oli yang membasahi busi karena piston yang baret, karena sering kelupaan mengganti oli mesin,” ujar Agus.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa