Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pilih Pelumas Ideal buat Sepeda Motor Sport "Daun Muda"

Ghulam Muhammad Nayazri - Sabtu, 1 Agustus 2015 | 09:37 WIB

Jakarta, Otomania
– Pelumas punya fungsi vital bagi sepeda motor, ibarat darah di dalam tubuh manusia. Kalau tidak baik-baik memilih, justru akan merusak kondisi mesin dalam jangka waktu lama. Oleh karena itu, baik-baiklah mengenal karakter sepeda motor Anda.

Nah, khusus bagi mereka pemilik sepeda motor sport berkubiasi 250 cc, wajib memperhatikan beberapa hal penting. Simak penjelasan Kang Toni pemilik bengkel spesialis motor sport T2M, di Jalan Bambu Asri Nomor B4, Jakarta Timur berikut ini.

“Untuk sepeda motor sport Kawasaki  kelahiran muda yang diproduksi 2010 ke atas, baiknya menggunakan oli dengan kadar 10W-40 atau 10W-50,” ujar Kang Toni, Rabu (29/7/2015).

Jenis oli tersebut, lanjut Kang Toni, punya kadar viskositas encer, karena sepeda motor yang sudah berteknologi modern memiliki mesin yang lebih padat dan kompak. Jarak antara part-part di dalam mesin cukup rapat, jadi butuh pelumas yang bisa menjangkau celah sempit tersebut.

“Berbeda dengan sepeda motor lama yang jarak ruang (clearance) antara bagian-bagian di dalam mesin cukup renggang jadi bisa menggunakan oli yang kental, jika menggunakan oli yang encer justru lebih cepat habis,” ujar Toni.

Toni menambahkan, untuk sepeda motor sport Kawasaki berkubikasi 250 cc yang sering ditangani bengkel T2M, ada beberapa pilihan oli, diantaranya yang standar biasa digunakan di bengkel-bengkel resmi dengan harga Rp 45.000 per botol. Juga ada pilihan yang cukup mahal yaitu merek ELF Rp 300.000 per botol, selain itu ada juga Shell Ultra dan Motul.

“Asalkan kadar viskositas olinya sesuai dan pergantiannya rutin apapun mereknya, sebenarnya tidak masalah. Memilih merek oli ibarat memilih rokok, semua tergantung selera dan isi dompet,” ujar Kang Toni.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa