Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Salah Kaprah Pertalite di Mata "Biker"

Ghulam Muhammad Nayazri - Kamis, 30 Juli 2015 | 10:02 WIB

Jakarta, Otomania - Munculnya bahan bakar baru Pertalite yang disebut memiliki kemampuan di atas Premium, teryata tidak lantas membuat beberapa pengguna sepeda motor percaya. Salah satunya, kalangan biker yang bernaung dalam satu wadah komunitas.

"Masih banyak teman-teman yang menganggap bahan bakar ini oplosan dari Premium seperti sebelumnya pernah ada Premix (Premium-Mixture) yang dibuat dari Premium dengan tambahan zat panambah oktan," ujar Fahmi Indraprana, Ketua Honda Vario Club Jakarta kepada Otomania, Rabu (29/7/2015).

Menanggapi hal tersebut, lanjut Fahmi, sekitar enam sepeda motor anggota komunitas HVC Jakarta termasuk dirinya tengah melakukan uji coba terkait Pertalite. Nanti kesimpulan dari tes tersebut akan diberitahukan ke anggota yang lain, khususnya HVC Jakarta. Maksudnya, agar nantinya kalau memang ternyata lebih bagus dari Premium, anggota yang masih menggunakan bahan bakar dengan RON 88 bisa dianjurkan pindah ke RON 90 (Pertalite) agar performa dan kondisi mesin motor semakin baik.

"Pengujian dilakukan dengan menggunakan tiga sepeda motor Vario 110 yang masih menggunakan karbu, dan tiga sepeda motor Vario 125 injeksi. Anggota yang menjajal diantaranya Gatot, Masduki, Ahmad Fudoli, Tonny Wangke, Zen, dan Revida Pakam," ujar pria yang akrab disapa Mio ini.

Fahmi menuturkan, semoga dalam waktu dekat sudah selesai semua pengetesannya, dan kesimpulan dari testimoni-testimoni tersebut bisa digunakan untuk mengedukasi teman-teman yang lain yang membutuhkan. Nantinya, pasti dari teman komunitas akan menyebar ke seluruh masyarakat.

"Untuk HVC Jakarta sendiri yang beranggotakan sekitar 80 orang lebih, sekitar 50 persen masih menggunakan Premium, kemudian 25 persen menggunakan Pertamax dan sisanya menggunakan Pertamax Plus, Shell dan Total. Dan semoga bagi yang menggunakan Premium bisa berpindah ke Pertalite jika memang terbukti punya kualitas yang bagus," ujar Fahmi.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa