Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cara Antisipasi Ketika Rem Blong dan Ban Pecah

Ghulam Muhammad Nayazri - Senin, 27 Juli 2015 | 14:03 WIB
Jakarta, Otomania - Panik kerap menjadi momok utama ketika pengemudi mobil mengalami kendala pada kendaraannya di jalan. Perasaan takut yang muncul dengan tiba-tiba ini bisa menjadi penyebab terjadinya kecelakaan jika tidak diantisipasi dengan baik.

Pada modul pembelajaran bagaimana berkendara dengan baik yang diterbitkan Indonesia Defesive Driving Center (IDDC), disampaikan tips bagaimana harus menghadapi kendala di jalan. Salah satunya, bagaimana cara menghadapi situasi darurat di jalan, yaitu rem blong dan ban pecah.

Ketika menghadapi kondisi tersebut, kunci pertama yang harus dilakukan adalah hindari panik. Pasalnya, ketika panik, otak kita akan tertutup dari pemikiran yang jernih dan cenderung melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan yang seharusnya.

Terkait rem blong, hal yang dilakukan yaitu di antaranya:

1. Arahkan kendaraan ketempat yang relatif aman untuk membantu memperlambat laju. Berbagai media di sekitar bisa dimanfaatkan, mulai dari trotoar, pohon, parkiran mobil yang kosong, tembok pagar pembatas, semak, jalan menanjak, sampai jalan berpasir. Risiko tetap ada, tapi pengaruh yang ditimbulkan akan lebih minimum, ketimbang harus menabrak kendaraan lain.

2. Secepatnya memompa rem untuk mengembalikan braking power

3. Lakukan perlambatan dengan memindahkan transmisi ke gigi yang lebih rendah secepatnya.

4. Apabila tetap tidak mendapatkan braking power, gunakan rem tangan namun tetap menahan tombol pelepas.

 Ban Pecah

Sedangkan langkah yang harus dilakukan ketika mengalami pecah ban di jalan yaitu:

1.Pertahankan kendaran dengan menahan kemudi, usahakan posisi genggaman tangan selalu ada di titik jam 9.00 dan 15.000. Setelah itu, kurangi tekanan gas secara perlahan (gradual).

2. Jangan sekali-kali mendadak langsung menginjak rem. LIhat terlebih dahulu sekeliling kendaraan dengan segera, nyalakan lampu sein dan arahkan kendaraan ke tempat yang aman

3. Setelah berjalan perlahan di tempat aman, injak rem dengan perlahan dan hentikan kendaraan di tempat yang datar.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa