Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Begini Cara Merawat Stiker pada Kendaraan

Ghulam Muhammad Nayazri - Selasa, 21 Juli 2015 | 14:05 WIB

Jakarta, Otomania - Selain dengan pengecatan, modifikasi tampilan kendaraan bisa dilakukan dengan penempelan stiker berwarna. Cara tersebut kerap dipilih karena biaya yang lebih murah, selain itu juga tidak merusak cat asli pabrikan. Sewaktu-waktu bosan stiker bisa dilepaskan dari bodi kendaraan dengan mudah.

Namun, perlu diperhatikan bagaimana cara merawat stiker tersebut agar usianya bisa panjang. Robi pemilik toko Mandiri Stiker yang berlokasi di Mall Mega Glodok Kuningan Lantai 5 Blok D2 Nomor 5 memberikan beberapa tips agar stiker bisa tahan lama.

Hal pertama adalah stiker jangan terlalu lama dan sering terkena terik matahari langsung, kecuali memang pemberian stiker dilakukan untuk iklan berjalan atau keperluan komersil lainnya. "Kalau memang untuk bisnis mah tidak apa-apa karena memang bukan untuk konsumsi pribadi, tapi tetap keawetannya akan berkurang," ujar Robi kepada Otomania, awal pekan lalu.

Kemudian, bodi mobil yang menempel stiker jangan dipoles apalagi untuk bahan berjenis doft  dan karbon. Namun untuk jenis stiker glossi bisa dipoles dan wax jika memang dalam kondisi terdesak dan tidak sering dilakukan.

"Biasanya untuk tampil di pameran atau tongkrongan biar terlihat lebih kinclong, boleh saja namun tidak dilakukan sering-sering," ujar Robi.

Ketiga, hindari pencucian dengan sistem steam karena jika pemasangan kurang bagus maka bagian pinggir stiker akan terkelupas terkena semprotan air yang deras. Sedangkan untuk pencucian biasa tidak dilarang.

Terakhir, lanjut Robi, yaitu jika stiker terkena kotoran, khususnya untuk bahan karbon dan doft yang tidak bisa hilang dengan disabun, baiknya dibersihkan oleh minyak tanah agar bisa cepat hilang. "Jangan dipaksakan dengan sabun, apalagi menggosoknya dengan keras, karena akan merusak stiker, baiknya gunakan minyak tanah," tutur Robi.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa