Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Cara Mencegah Anak Rewel Selama Perjalanan Mudik

Stanly Ravel - Senin, 13 Juli 2015 | 03:55 WIB
Jakarta, Otomania - Menempuh perjalanan jauh selama mudik menggunakan mobil pribadi dengan keluarga memang menyenangkan. Tapi, kondisi ini bisa berubah jika Anda punya anak kecil yang rewel.

Apalagi situasi arus mudik yang rata-rata macet akibat volume kendaraan yang ramai. Tentu hal ini bisa membuat si kecil cepat bosan, sehingga gelisah, sampai berimbas pada suasana kabin yang tidak lagi menyenangkan.

Untuk mengatasinya, Otomania punya tips ringan dari hasil berbincang dengan Sani B Hermawan, Psikolog Anak dan Direktur Lembaga Daya Insani & Roosie Setiawan, awal Juli lalu.

"Menempuh perjalanan jauh dengan anak kecil berbeda treatment dan persiapannya. Yang pasti anak harus dibuat nyaman, bahkan kalau bisa dilibatkan dalam hal persiapan perjalanan," ucapnya.

Menurut Sani, dengan melibatkan anak dalam hal persiapan membuatnya lebih leluasa untuk memilih barang atau mainan kesukaannya. Ini berfungsi untuk mengalihkan perhatiaan saat anak merasa jenuh, misalnya saat kondisi jalan lagi macet.

Selain itu, ritme berkendara dan waktu istirahat juga harus lebih sering agar si anak tidak cepat bosan yang berujung rewel.

"Orang tua juga harus kreatif, seperti membuat games ringan dan lain sebagainya. Intinya membuat suansa fun dalam perjalanan dan bisa saling berinteraksi. Khusus untuk bapak yang berkendara juga harus jaga sikap dan sabar dalam berkendara, pola berkendara juga bisa membuat anak strees," ujar Sani.

Nah, untuk lebih lengkapnya, simak beberapa hal yang bisa dipersiapkan orang tua sebelum mudik dengan si kecil berikut ini:

1. Perhatikan ruang kabin, khusus tempat anak duduk upayakan lebih lapang.

2. Bikin permainan yang interaktif seperti tebak-tebakan, atau bisa juga mencari dan mengunduh games ke gadget yang sifatnya mendidik.

3. Bila ada yang balita, siapkan car seat agar lebih nyaman dan safety.

4. Hindari membawa barang berlebih di dalam kabin.

5. Siapkan makanan atau cemilan kesukaan anak.

6. Siapkan lagu kesukaan anak. Hal ini bisa dinikmati dengan bernyanyi bersama. Atau bila ada perangkat video tinggal bawa film kesukaan mereka.

7. Hindari kelelahan dan emosi saat berkendara. Penting dilakukan oleh kepala keluarga, karena bisa membuat suasana kabin tidak nyaman.

8. Pilih rute dengan baik, usahakan yang banyak tempat istirahat atau tempat untuk singgah.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa